Enam Surga Tersembunyi di Permata Galuh Pakuan

Ilustrasi surfing atau selancar air
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Nama Cilacap sontak terangkat menyusul hukuman mati yang digelar di Lapas Nusakambangan. Namun, Cilacap tak hanya penjara. Ada juga tujuan wisata yang masih belum banyak terjamah.

Bahkan, Cilacap menawarkan banyak keindahan yang alami dan lokasi ini sangat dikombinasikan dengan keramahan lingkungan. Tertarik dalam mengeksplorasi? Sebelum Anda melakukannya, VIVA.co.id merangkum tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi di Cilacap:

Pantai Teluk Penyu

Benteng Pendem di Teluk Penyu Cilacap

Di antara pantai-pantai lain di sekitar Cilacap, yang satu ini adalah yang terdekat, terletak hanya beberapa menit dari kota. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat di Pantai Teluk Penyu. Beberapa warga bahkan menyarankan kepada Anda untuk datang dan mengunjungi sedini mungkin di pagi hari untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit.

Selain itu, banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti memancing yang alatnya disewakan disekitar pantai. Di pantai ini juga banyak warung makan, toko-toko suvenir, dan taman bermain anak-anak.

Pantai Widarapayung

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk setempat. Pada tahun 2006, lokasi ini hancur ketika sebagian besar infrastruktur pecah oleh tsunami. Tapi sejak itu, banyak perbaikan yang telah dibuat. Salah satu alasan utama orang mengunjungi Widarapayung adalah untuk berselancar. Gelombang tinggi di Teluk Penyu membuat tempat ini cocok untuk peselancar pemula.

Bahkan ada cerita menarik tentang bagaimana peselancar lokal berkumpul dan membentuk sebuah klub yang pada akhirnya menjadi penjaga pantai resmi di Widarapayung. Pada tahun 2010, pernah diadakan sebuah kompetisi surfing lokal yang diharapkan akan semakin banyak orang mengunjungi dan berselancar di Pantai Widarapayung.

Pantai Jetis

Bertemu Jokowi, Bupati Klaim Jadikan Cilacap Kota Industri

Terletak di bagian timur dari wilayah Cilacap, pantai ini memiliki suatu ciri khas lain yang jarang ditemukan di pantai lainnya, yaitu pasar ikan. Banyak pengunjung yang berlibur ke Pantai Jetis karena keindahan pantai ini pengunjung bisa melihat saat panorama Muara Kali Bodo yang menjadi perbatasan Kabupaten Kebumen dan kabupaten Cilacap.

Cipari

Atraksi utama yang ditawarkan Cipari adalah kolam air panas alami dari sumur di dekatnya. Tapi sebelum itu berendam di air panas, cobalah berjalan-jalan dan mengunjungi beberapa air terjun di dekatnya. Setidaknya ada dua air terjun yang dapat Anda nikmati, Curug Cipari dan Curug Geulis. Perhatikan juga trek perjalanan menuju air terjun karena sedikit sulit dan licin. Jadi, pastikan Anda menggunakan alas kaki yang tepat dan selalu bepergian dalam kelompok.

Curug Cimendaway

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Hanya satu jam perjalanan dari kota, tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan melepas lelah di akhir pekan. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter, banyak juga fasilitas yang telah dibangun untuk mendukung  kegiatan di luar ruangan seperti berkemah. Ada lima tingkatan yang dapat Anda capai dari bawah, masing-masing dengan pemandangan yang unik. Curug Cimendaway memiliki banyak air terjun yang dapat Anda kunjungi di Cilacap tapi yang satu ini pasti yang paling populer, karena itu sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah daerah.

Benteng Pendem

Anda tidak dapat berbicara tentang Cilacap tanpa menyebutkan situs bersejarah ini. Benteng Pendem, juga dikenal sebagai Van Den Bosch Fort, dibangun oleh Belanda pada tahun 1861. Nama Pendem diberikan karena benteng ini telah terkubur dan kemudian ditemukan dan dibersihkan oleh pemerintah pada tahun 1986.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya