Studi: Tidur Siang 45 Menit, Tingkatkan Memori Lima Kali

Ilustrasi tidur di kantor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Tips Ampuh Melawan Kantuk di Jam Kerja
- Penelitian baru mengungkapkan bahwa sebuah kekuatan tidur siang hanya 45 menit dapat meningkatkan memori lima kali. Para ilmuan mengatakan, sebuah tidur singkat membantu Anda untuk menyimpan informasi yang Anda pelajari dan signifikan meningkatkan daya ingat. Berarti, tidur siang benar-benar bisa membantu siswa dalam ujiannya.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Peserta dalam penelitian ini mempelajari 90 kata tunggal dan 120 pasangan kata. Beberapa menonton DVD, sementara yang lain tidur. Ketika mereka diuji ulang, orang-orang yang telah tidur ingat pasangan kata lebih banyak. Laporan dari The Journal Neurobiology of Learning and Memory.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
Para ilmuan dari Saarland University di Jerman, mengatakan bahwa selama tidur semburan aktivitas otak yang dikenal sebagai spindle tidur memainkan peran penting dalam mengonsolidasikan informasi yang baru dipelajari.

Profesor Axel Mecklinger mengatakan tidur siang hanya 45 menit sampai satu jam menghasilkan peningkatan lima kali lipat dalam pencarian informasi dari memori, seperti dilansir laman Daily Mail. 

Kinerja memori dari peserta yang tidur siangan adalah sama baiknya seperti sebelum tidur. Sebenarnya, kinerja memori tidak membaik dalam kelompok tidur, namun mereka tetap konstan.

Tidur siang di kantor, atau sekolah sudah cukup secara signifikan meningkatkan keberhasilan belajar. Di mana pun orang berada dalam lingkungan belajar, kita harus berpikir tentang efek positif dari tidur," kata Axel Mecklinger. (asp)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya