VIDEO: Tas Mewah Dari Kulit Ikan Pari

Ilustrasi aksesori eksotis
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bukan rahasia lagi, produk yang terbuat dari kulit memiliki harga jual yang tinggi. Misalnya, tas dari kulit buaya dan ular. Namun, bagaimana dengan aksesori dari kulit ikan pari?

Koleksi Fesyen Ini Diluncurkan untuk Dukung Pemberdayaan Perempuan

Bagi para nelayan, kulit ikan pari bukan hal yang memiliki nilai jual tinggi. Namun, tidak bagi Wawan, warga Boyolali, Jawa Tengah. Ia mampu memanfaatkan kulit ikan yang berbentuk pipih ini menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis.

Wawan membuat berbagai macam kreasi dari kulit ikan pari. Seperti tas, dompet dan ikat pinggang.

Tas mewah dari kulit ikan pari

Jangan khawatir, kulit ikan pari yang digunakan bukanlah ikan pari yang dilindungi, melainkan ikan pari konsumsi yang keberadaannya melimpah di perairan Indonesia.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Iwan menjelaskan, cara pembuatannya terbilang cukup mudah. Pertama, ia melakukan pemilihan terhadap kualitas kulit ikan pari dan dicuci hingga bersih. Kemudian diberi pewarna dengan alat khusus yang terbuat dari drum yang sudah dimodifikasi. Setelah itu, proses pemotongan dan penghalusan baru bisa dilakukan.

"Produk yang kita buat ada tas, dompet, dan ikat pinggang. Semua sesuai pesanan," kata Wawan.

Gaya Fashion Bak Monster Kepompong Jadi Tren London Fashion Week

Untuk pasar, lanjut Wawan, produknya sudah mulai merambah berbagai kota besar di Indonesia. Tas kulit ikan pari ini pun dianggap tak kalah mewah dengan tas kulit ular dan buaya.

Harga tas kulit ikan pari buatan Wawan ini dibanderol dari harga Rp700 ribu hingga Rp4 juta. Sedangkan dompet harga dimulai dari Rp150 ribu - Rp750 ribu.

Simak pembuatan tas kulit ikan pari di

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya