Pertamina dan PTPN III Kembangkan PLTUG Sei Mengkei

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- PT Pertamina dan PT Perkebunan Nusantara III
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
bekerja sama mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap dan gas (PLTUG) di Sei Mangkei, Sumatera Utara. Pengembangan PLTUG berkapasitas 250 megawatt ini, merupakan salah satu usaha pemenuhan kebutuhan listrik untuk industri di kawasan ekonomi khusus (KEK) itu.
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto, Selasa 24 Maret 2015, mengatakan bahwa kerja sama ini adalah wujud dari sinergi BUMN untuk pengembangan infrastruktur kelistrikan nasional yang ditargetkan mencapai 35 ribu MW hingga 2009. Untuk kawasan ini, kedua perusahaan pelat merah itu bermitra dengan Independent Power Producer (IPP) yang akan membantu mengurangi defisit pasokan listrik.


"Melalui kerja sama ini, Pertamina dan PTPN III telah menunjukkan diri untuk ikut berperan dalam program pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan pemerintah, khususnya di Sumatera bagian Utara, yang diharapkan membantu mengurangi defisit kelistrikan di wilayah tersebut," kata Dwi dalam keterangannya.


Dwi melanjutkan, proyek tersebut diharapkan berjalan baik dan sesuai target operasi, yaitu tahap pertama pada 2017 dan tahap kedua pada 2018.


Sebagai informasi, PTPN III merupakan Badan Usaha Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei berdasarkan Peraturan Pemerintah No.29 Tahun 2012. PTPN III mendapatkan persetujuan wilayah usaha penyediaan listrik untuk kepentingan umum oleh menteri ESDM dan dapat melakukan perjanjian kerja sama jual beli listrik dengan PT PLN.


Selain itu, lanjutnya, sumber gas untuk PLTGU ini direncanakan berasal dari hasil regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG) dari fasilitas regasifikasi di Arun yang dialirkan melalui pipa transmisi gas Arun-Belawan dan pipa distribusi gas Belawan- Kawasan Industri Medan-Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, yang dioperasikan oleh PT Pertamina Gas.


Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah meresmikan fasilitas Onshore Arun LNG Receiving & Regasification Facility kapasitas 400 MMSCFD yang dapat melakukan regasifikasi LNG, baik yang bersumber dari domestik maupun impor.


"Kami juga akan bekerja sama dengan PLN selaku
offtake
utama dari listrik yang akan dihasilkan dari PLTGU di Sei Mangkei ini," kata mantan dirut PT Semen Indonesia Tbk, itu. (asp)



![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya