Komisi V DPR Tinjau Sejumlah Tanggul di Jatibarang

Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Tim Kunjungan Spesifik Komisi V DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Adia di Jatibarang, Indramayu, melakukan peninjauan ke sejumlah tanggul besar Sungai Cimanuk yang jebol 16 Maret lalu dan menyebabkan ribuan rumah, sekolah dan masjid kebanjiran, Senin 23 Maret 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Tanggul yang ditinjau diantaranya Tanggul Cimanuk Blok Cilengkol, Tanggul Cimanuk Jatibarang baru Blok Lapangan dan Tanggul Cimanuk Blok Toko Alba.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Di hadapan wartawan, Ketua Tim Kunjungan spesifikasi Yudi Widiana Adia mengatakan, Komisi V DPR meminta data tanggul yang telah dibangun dan tanggul-tanggul yang kritis.


"Kita melihat kejadian banjir 13 Maret lalu, akibat tanggul yang jebol itu, umumnya karena tanggul yang sudah terlalu tua, tidak ada pemeliharan dan penguatan," kata Yudi yang juga politisi PKS ini.


Selain itu, ia juga mengimbau kepada Pemda agar dalam penataan ruang pemukiman untuk memperhatikan posisi tanggul-tanggul di sungai. "Jangan sampai mengembangkan suatu wilayah yang menjadi ancaman,"tegasnya.


Yudi pun meminta kepada pemerintah untuk mensosialisasikan potensi-potensi bencana di setiap daerah. "Hal itu dikarena, kita melihat saat ini pemerintah daerah, sering kali mengembangkan wilayah-wilayah tanpa memperhatikan hal tersebut,"tegasnya.


Kunjungan spesifik kali ini diikuti pula oleh anggota Komisi V DPR lainnya, diantarannya Yoseph Umar Hadi (FPDIP), Moh. Nizar Zahro (FGerindra), Anton Sukartono Suratto (FPD), Mohammad Toha (FPKB), Mahfudz Abdurrahman (FPKS), Nurhayati (FPPP), Syahrulan Pua Sawa (FPAN), Sahat Silaban (FNasdem) dan Miryam S Haryani (FHanura).(www.dpr.go.id)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya