Pendalaman Pasar Keuangan, Badan Regulasi Gelar Edukasi

Papan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/OJT/Feronike Rumere
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- Sebagai salah satu upaya pendalaman pasar keuangan di Indonesia, orotoritas pasar modal bekerja sama membentuk sekolah pasar modal (SPM) dan sekolah pasar modal syariah (SPMS). 

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
Direktur Pengembangan Busa Efek Indonesia, Frederica Widyasari, Selasa 24 Maret 2015, mengatakan Self Regulatory Organization (SRO), badan regulasi mandiri yang terlibat dalam program pendidikan ini yaitu PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, dan PT Kustodian Sentral Efek.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
Dia memaparkan, materi yang diberikan dalam program SPM antara lain, pengenalan investasi pasar modal, pengetahuan pasar modal Indonesia, jenis-jenis efek di pasar modal, cara investasi saham, dan analisa fundamental, serta teknikal saham.

Sedangkan program SPMS, memberikan pendidikan tentang investasi di pasar modal, pengetahuan tentang pasar modal syariah Indonesia, jenis efek syariah pasar modal Indonesia, dan landasan regulasi dan fiqih pasar modal. 

Kemudian, ada pula materi tentang mekanisme transaksi saham syariah dan simulasi menggunakan Syariah Online Trading System (SOTS).

Lebih lanjut, menurutnya, kedua program ini memiliki dua level pendidikan. Yaitu, level satu ditujukan untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui dan ingin memperdalam investasi pasar modal. 

"Sedangkan level dua ditujukan untuk investor yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang investasi saham," ujarnya di Jakarta.

Frederica mengatakan, kedua program pendidikan bagi masyarakat ini juga didukung oleh 12 anggota BEI. Yakni PT Asjaya Indosurya Securities, PT Bahana Securities, PT CIMB Securities Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, PT Henan Putihrai, PT Indo Premier Securities, dan PT Kresna Graha Sekurindo.

Selanjutnya, PT Maybank Kim Eng, PT Mega Capital Indonesia, PT Panin Sekuritas, PT Philip Securities Indonesia, dan PT RHB OSK Securities Indonesia.

"SPM akan diselenggarakan pada Rabu, atau Kamis mulai 09.00 sampai 16.00. Ada pun untuk penyelenggaraan SPMS adalah satu kali dalam satu bulan yang diadakan pada Sabtu dari jam 09.00 sampai 16.00," tambahnya. (asp)
![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya