26-3-1917: Perang Gaza Pertama

Perang Gaza Pertama
Sumber :
VIVA.co.id
Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar
- Pada 98 tahun yang lalu pecah perang Pasukan Sekutu melawan Turki di dalam dan luar kota Gaza, Palestina. Ini merupakan babak pertama dari tiga drama pertempuran Sekutu versus Turki. 

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Menurut laman
Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah
History , pasukan Sekutu berusaha mendorong pasukan Turki, keluar dari Semenanjung Sinai pada Januari 1917. Pasukan Inggris yang dipimpin Sir Archibald Murray, memutuskan bergerak ke Palestina.


Untuk melakukan itu, mereka pertama harus menghadapi pasukan Turki, yang ditempatkan di antara kota Gaza dan Beersheba, yang menjadi jalur masuk ke pusat Palestina.


Murray mengirim pasukan Inggris yang dipimpin Sir Charles Dobell, berjumlah dua kali lipat lebih besar dari 18.000 pasukan Turki, yang dipimpin seorang Jenderal Jerman, Friedrich Kress von Kressenstein.


Pada 26 Maret 1917, Dobell dan pasukannya bergerak maju memanfaatkan kabut tebal di pagi hari. Mereka sukses memotong wilayah timur dan tenggara Gaza, untuk mencegah Turki mengirimkan pasukan tambahan.


Tapi setelah kemenangan di depan mata, Dobel dan Sir Philip Chetwode yang memimpin pasukan kavaleri, memutuskan untuk membatalkan serangan, karena kurangnya cahaya di malam hari.


Saat serangan kembali dilakukan pada esok paginya, penundaan telah memberikan waktu bagi Kressenstein, untuk memperkuat baris depannya dengan 4.000 pasukan baru.


Dia juga memperoleh bantuan signifikan melalui udara, dengan datangnya pesawat-pesawat Jerman. Dobell pun membatalkan penyerangan, setelah kehilangan lebih dari 4.000 pasukan.


Sementara di pihak Turki, jumlah korban lebih sedikit dengan 2.400 jiwa. Perang kedua di Gaza, pada 17 April, pasukan Sekutu juga menderita kegagalan, hingga pimpinan pasukan diganti oleh Sir Edmund Allenby.


Allenby berhasil menghancurkan pasukan Turki, merebut Yerusalem pada 9 Desember 1917.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya