Pesawat Solar Impulse 2 Tunda Terbang ke Tiongkok

Solar Impulse 2 Tiba di Muscat
Sumber :
  • REUTERS/Jean Revillard/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Pesawat tenaga surya yang menjalankan misi keliling dunia, Solar Impulse 2, dilaporkan masih tertahan di Myanmar. Pesawat belum bisa lepas landas akibat cuaca buruk di Tiongkok, negara tujuan berikutnya.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Seharusnya, sesuai jadwal awal pekan ini Solar Impulse 2 sudah menjalani misi terbang kelima, dari Myanmar menuju Tiongkok. Perjalanan ke negeri Tirai Bambu diperkirakan menempuh lima hari.

Namun, mengutip laporan Elevenmyanmar, Rabu 25 Maret 2015, karena situasi cuaca yang tak memungkinkan, pesawat dengan dua awak itu masih bertahan di Bandara Internasional Mandalay, Myanmar.

"Destinasi berikutnya Solar Impulse 2, yatu 22 hingga 26 Maret ditunda karena kondisi cuaca yang tak mendukung di Chongqing, Tiongkok," ujar Tun Nay Oo, Asisten Manajer Bandara Internasional Mandalay.

Penundaan misi terbang pesawat tenaga surya itu membuat otoritas bandara tersebut memperketat lokasi parkir pesawat. Otoritas bandara melarang orang untuk melihat pesawat buatan Swiss itu.

"Penerbangan ditunda sampai 26 Maret, karena pesawat ini kan sangat ringan. Pesawat hanya bisa mendarat saat kondisi udara stabil," ujar Nay Oo.

Sebagaimana diketahui, Solar Impulse 2 telah mendarat di Myanmar sejak 19 Maret 2015. Sesuai rencana setelah menyambangi Myanmar, pesawat ini akan terbang ke Chongqing dan Nanjing, Tiongkok.

Setelah mendarat di Tiongkok, pesawat akan melanjutkan misi keliling dunia ke Hawaii, Phoenix, New York, Eropa bagian Selatan dan Afrika Utara.

Pecahkan Rekor, Baterai Pesawat Solar Impulse 2 Jadi Tumbal

Pesawat Solar Impulse 2 yang memiliki bentang sayap hingga 72 meter dijadwalkan menjalani misi keliling dunia dengan catatan penerbangan 35 ribu kilometer dan akan melintas dua samudera. Misi ini akan melalui 12 tahapan dan membutuhkan total 25 hari penerbangan dalam waktu lima bulan.

Misi penerbangan keliling dunia ini adalah untuk kampanye teknologi bersih. Menurut jadwal, pesawat Solar Impulse-2 akan transit di berbagai tempat di dunia untuk beristirahat dan merawat pesawat.

![vivamore="
Solar Impulse 2 Lalui Setengah Penerbangan Menuju Hawaii
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya