Pengamat: Rupiah Makin Lemah, RI Bisa Jadi Ladang ISIS

Nilai tukar Rupiah
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Pengamat ekonomi Bambang Sudibyo menyebut nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat adalah di luar kendali pemerintah atau Bank Indonesia. Menurutnya, melemahnya rupiah, karena faktor pulihnya ekonomi Amerika. Bahkan rupiah bisa akan melemah lagi ketika Bank Sentral Amerika menaikkan suku bunga.

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November

Potensi rupiah untuk melemah juga bisa berkepanjangan. Padahal jika rupiah terus melemah hingga di angka Rp15 ribu, maka dampaknya bisa merembet ke politik dan stabilitas negara.

"Ketika ekonomi Amerika ambruk, kita ikut terpengaruh. Ketika membaik, rupiah kita juga terpengaruh. Faktor pulihnya (ekonomi) Amerika, ini di luar kendali pemerintah dan BI," kata Bambang ketika ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Maret 2015.

Dampak politik yang disebut Bambang bisa bermula dari konflik-konflik seperti konflik KPK-Polri. Ketika ada pihak atau politisi yang merasa dirugikan dalam konflik tersebut, maka ia bisa memanfaatkan situasi melemahnya rupiah tersebut.

"Semakin rupiah melemah, semakin lama akan berinteraksi ke politik. Karena konflik KPK-Polri masih ada, ada kelompok-kelompok politik yang tidak puas, dan coba memanfaatkan situasi dari krisis itu," ungkap Bambang.

Selain itu, melemahnya rupiah juga bisa menjadikan Indonesia sebagai ladang subur dari tumbuhnya paham radikal seperti Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS). "Semakin melemah, ini semakin mengarah ke situasi negara gagal. Bisa tumbuh penganut ISIS, Indonesia bisa menjadi ladang subur bagi ISIS," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan Kamis ini. Mata uang garuda terkoreksi sebesar 71 poin atau 0,55 persen dibandingkan penutupan perdagangan sehari sebelumnya yang menyentuh level Rp12.932 per dolar AS. (ren)

![vivamore="Baca Juga :"]

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau

[/vivamore]

Uang rupiah.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global

Aksi damai 4 November tidak terlalu pengaruhi pergerakan rupiah.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016