Rahasia Berdirinya Tembok Kumbhalgarh di India

Kumbhalgarh Fort India
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
- Tidak hanya China yang memiliki tembok besar dan panjang, ternyata di India juga memiliki tembok itu yang disebut Kumbhalgarh Fort. Terletak 84 kilometer sebelah utara dari Udaipur, di negara bagian Rajasthan, India Barat, Kumbhalgarh Fort adalah benteng yang paling penting kedua setelah Chittorgarh di wilayah Mewar. 

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini
Dilansir dari Amusing Planet, tembok ini berdiri dalam kisaran Aravali yang dikelilingi oleh tiga belas puncak gunung tinggi, benteng ini dibangun pada abad ke-15 oleh Maharana Kumbha dan merupakan salah satu dari 32 benteng yang dibangun oleh Rajput penguasa kerajaan Mewar.

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja
Benteng ini dikelilingi oleh dinding perimeter sepanjang 36 kilometer dan lebar 15-25 meter. Sejarah telah mencatat, bahwa delapan kuda bisa naik berdampingan di atasnya. Meskipun ada banyak dinding raksasa yang dibangun oleh penguasa untuk melindungi kerajaan mereka, bangunan seperti batas pelindung besar sekitar benteng tidak pernah terdengar.

Legenda mengatakan bahwa ketika benteng ini dibangun, Maharana Kumbha mengalami banyak kesulitan dalam konstruksinya. Seorang penasihat spiritual menyarankan untuk memberikan pengorbanan manusia secara sukarela demi memuluskan proyek besar ini. 

Kemudian datanglah seorang relawan dengan memenuhi beberapa saran dari penasehat spiritual kerajaan. Akhirnya kuil pun dibangun dengan memenggal kepala relawan tersebut. Kuil untuk relawan ini diketahui masih dapat ditemukan di dekat gerbang utama. 

Tembok besar ini juga ternyata memberi perlindungan terhadap 300 kuil-kuil kuno yang ada di India. Tembok ini dibangun memang diperuntukkan sebagai tempat perlindungan bangunan yang ada di sana juga penduduk sekitar.

Untuk proses pembangunannya memerlukan waktu hampir satu abad. Beberapa mengklaim bahwa tembok ini terbesar kedua setelah tembok besar yang ada di China. Meski dulu sempat tertutup untuk umum, kini tembok besar tersebut dibuka untuk umum. Banyak wisatawan yang berkunjung ke India selalu mampir ke kawasan ini. 

Istimewanya, bangunan ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia yang ada di India. Setiap malam, tembok ini menghibur wisatawan yang datang dengan menyalakan lampu yang spektakuler.

Disarankan, pengunjung yang datang melihat bangunan ini harus tetap hati-hati mengingat usia bangunan yang sudah mulai tua dan selalu memiliki potensi untuk runtuh kapan saja. Pihak pengelola tetap memperhatikan keadaan bangunan, agar selalu aman dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya