Menuju Pusat Bumi Tak Sampai Sejam

Profil inti bumi
Sumber :
  • www.bbc.co.uk
VIVA.co.id
5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United
- Untuk menyelami perut Bumi tampaknya tak butuh waktu lama. Dengan waktu sekitar setengah jam, maka kita akan berada tepat di tengah-tengah perut Bumi.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Perhitungan tersebut berhasil diungkap oleh Alexander Klotz, seorang mahasiswa pascasarjana fisika dari McGill University, Montreal, Kanada. Dalam skenario hipotetis yang diungkapnya, tempo ini lebih cepat empat menit dari perhitungan sebelumnnya.

Dalam hipotetis Klotz, setidaknya butuh waktu 38 menit untuk mencapai titik di pusat Bumi. Sementara penelitian sebelumnya, menghitung setidaknya 42 menit untuk ke perut Bumi tersebut.

"Ini sedikit kejutan bagi saya. Pada dasarnya, dari struktur Bumi untuk pergi ke arah inti yang padat sekitar 110 persen dari permukaanya, sebelum semakin lemah saat bergerak melalui inti dengan nol persen di pusatnya," ujar Klotz dilansir Daily Mail, Senin, 30 Maret 2015.

Teori yang dijelaskan oleh Klotz adalah, jika dari satu titik bumi digali, kemudian menemus di titik Bumi lainnya. Contohnya, bila jatuh ke dalam bumi dari London, maka akan muncul di Kepulauan Antipodes, di sisi bumi lainnya.

Namun, untuk melakukan secara asli, tentunya itu akan membutuhkan terowongan yang mampu bertahan dari panas dan tekanan bumi. Ditambah pula harus bisa mengendalikan kecepatan bumi hingga 29.000 kilometer per jam.

Teori yang diusung Klotz ini menjelaskan, jika seseorang jatuh ke pusat bumi, maka gravitasinya akan berubah, sehingga mereka akan terus ke tengah bumi. Akibatnya, orang tersebut akan sangat cepat mencapai pusat planet ini, namun akan melambat ketika akan muncul di sisi bumi yang lainnya.

Klotz mengemukakan perhitungannya saat ini lebih cepat, karena perhitungan sebelumnya tidak menghitung kepadatan lapisan bumi. Kemudian, ia menunjukkan planet ini lebih pada daripada yang ada di permukaan.

Dengan menggunakan data seismik, Klotz menemukan bahwa bumi mempunyai bobot kurang lebih 1.000 kilogram per meter kubik di permukaannya. Namun, di dalam pusat Bumi beratnya sekitar 13.000 kilogram per meter kubik dengan jarak 6.370 kilometer di bawahnya. Dan juga, 3.500 kilometer dari pusat, sekitar setengah jalan setelah melewati inti luar bumi.

Dengan demikian, perhitungan Klotz ini, seseorang untuk masuk ke dalam pusat bumi butuh waktu 38 menit 11 detik, lebih cepat empat menit dari dugaan sebelumnya.

Hasil penelitiannya ini, Klotz terbitkan ke dalam jurnal The American Journal of Astrophysics.

![vivamore="Baca Juga :"]

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
[/vivamore]
Profil inti bumi

Peneliti Ungkap Rahasia Inti Bumi

Inti bumi terdiri dari dua bagian dengan pola berbeda.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2015