Menteri ESDM: Komisi VII DPR Dukung Kenaikan Harga BBM

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU, di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengaku sudah menggelar rapat dengan Komisi VII DPR RI, kemarin malam, Senin 30 Maret 2015. Dalam rapat tersebut membahas tentang cara-cara penghitungan dan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) secara keseluruhan.

Dia menyampaikan bahwa hampir seluruh anggota Komisi VII DPR RI mendukung tentang kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM untuk jenis premium dan solar, masing-masing sebesar Rp500 per liter.

"Secara keseluruhan Komisi VII, mendukung dan menyatakan kita tidak boleh mundur dari pengalihan kebijakan subsidi," ujar Sudirman di Kantor ESDM, Jakarta, Selasa 31 Maret 2015.

Menurut dia, langkah itu dilakukan terkait kebijakan subsidi yang dirasakan memberikan manfaat bagi keseluruhan masyarakat luas.

"Karena dengan cara subsidi yang tadinya digelontorkan, banyak yang hanya diterima oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Tetapi, untuk kebijakan sekarang, uangnya jatuh kepada masyarakat yang lebih membutuhkan," katanya.

Oleh karena itu, kata Sudirman, dengan kenaikan harga BBM ini, masyarakat yang tidak mampu bisa lebih merasakan bantuan pemerintah secara langsung.

Sudirman: Harga BBM Tak Berubah hingga September 2016

Alasannya, karena selama ini, bantuan pemerintah untuk masyarakat tidak mampu, banyak yang tidak sampai sebagaimana mestinya.

"Bentuknya nanti bisa sarana prasarana, bagian infrastruktur, transportasi, pertanian, perumahan murah dan segala macamnya. Jadi, ini sesuatu yg membutuhkan waktu, tapi memang dalam jangka panjang akan ada kemampuan yang lebih baik dari masyarakat," tuturnya. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Ikuti Harga BBM, Pengusaha Minta Tarif Angkutan Diturunkan
Kantor Astra International

BBM Turun, Astra Yakin Penjualan Kendaraan Meningkat

Daya beli masyarakat diprediksi meningkat.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016