Ketua DPR RI dan Presiden Parlemen Jerman Perkuat Kerjasama

parlemen jerman kunjungi dpr
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ketua DPR RI, Setya Novanto, menerima kunjungan Presiden Parlemen Jerman, Norbert Lammert, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 31 Maret 2015. Mereka membahas penguatan kerjasama kedua negara dalam bidang perdagangan, pembangunan, pertahanan, politik dan kekuatan energi yang menguntungkan  bagi kedua negara.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Selain itu dalam pertemuan tersebut kedua Negara (Indonesia dan Jerman) sepakat meningkatkan volume perdagangan dari US$7,3 miliar pada 2014, menjadi US$12 miliar pada 2015. Dan kenaikan volume perdagangan tersebut disambut baik oleh DPR.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


"Saya apresiasi adanya kemitraan strategis sebagai dasar kerja sama kedepan. Dokumen Deklarasi Jakarta Tahun 2012 Komitmen Bersama perlu ditindaklanjuti yakni dibidang infrasruktur, perdagangan, petahanan dan kekuatan energy. Selain itu melihat potensi pembangunan Indonesia yang besar, DPR mengharapkan Jerman dapat meningkatkan investasinya di Indonesia,” kata Setya Novanto.


Sementara itu mengenai sentimen agama yang selalu dikaitkan dengan radikalisme dan terorisme yang terjadi di belahan dunia menjadi salah satu pembahasan lainnya dalam pertemuan tersebut.


Setya Novanto juga menyambut baik partisipasi Indonesia sebagai Guest of Honor pada Frankfrut Book Fair yang akan dilaksanakan tanggal 14-18 Oktober 2015. "Ini tentu sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Jerman," katanya.


Untuk kerjasama antar parlemen, Novanto menyatakan, telah terbentuk Group Persahabatan antar parlemen Asean. "Perlu dipikirkan juga untuk membentuk grup persahabatan Indonesia-Jerman," ujarnya.


Terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Germanwings di pegunungan Alpen, Setya juga mengucapkan turut berbelasungkawa.


"Perkenankanlah kami menyampaikan simpati dan belangsungkawa yang mendalam kepada rakyat dan pemerintah Jerman atas insiden jatuhnya pesawat Germanwings yang jatuh di Pegunungan Alpen tanggal 24 Maret lalu," ujar Novanto. (ren)








Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya