Negosiasi Nuklir Iran Alot, Harga Minyak Mentah Naik

Beberapa sumur minyak
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Cullen

VIVA.co.id - Harga minyak naik pada Rabu, 1 April 2015, memperbaiki "kekalahan" tujuh persen pada perdagangan sebelumnya. Sentimen dipengaruhi molornya waktu negosiasi antara Iran dan enam kekuatan negara di dunia soal nuklir.

Reuters mencatat, minyak mentah untuk pengiriman Mei di New York Mercantile Exchange pukul 05.57 WIB naik sembilan sen menjadi US$47,69 per barel. Kondisi itu memperbaiki harga pada perdagangan Selasa, 31 Maret 2015 yang berakhir US$47,60 per barel.

Sementara itu, minyak mentah jenis Brent untuk kontrak Mei belum diperdagangkan di bursa London. Yang jelas, kemarin harga Brent turun US$1,18 menjadi US$55,11 per barel.

Amerika Serikat (AS) mengatakan, kekuatan dunia dan Iran masih bernegosiasi hingga tengah malam tadi, melebihi tenggat waktu. AS mengancam akan keluar dari pembicaraan tersebut.

Sementara itu, Iran tetap menegaskan soal "hak nuklir" negaranya. Negosiasi yang alot tersebut langsung direspons oleh pelaku pasar minyak mentah.

Sebelumnya, bila sanksi nuklir terhadap Iran dicabut, minyak dari Iran bisa masuk ke pasar internasional. Itu artinya, pasokan minyak yang saat ini melimpah akan semakin bertambah. (art)

Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik

![vivamore="Baca Juga :"]


OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
[/vivamore]
 Rig minyak

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah

Tren ini terjadi jelang pertemuan rutin OPEC di Aljazair bulan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016