Mengenang Perjuangan HOS Tjokroaminoto Lewat Film

Garin Nugroho dalam jumpa pers film Guru Bangsa: Tjokroaminoto
Sumber :
  • VIVAlife/ Al Amin
VIVA.co.id
Pengalaman Yayan Ruhian Ajari Aktor Laga Ken Zheng
- Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto bersama dengan rumah produksi Pick(k)lock films dan MSH Film menghadirkan film
Guru Bangsa: Tjokroaminoto
Cerita Sang Artis Soal Film Laskar di Tapal Batas
. Film ini akan tayang serentak 9 April 2015.
BJ Habibie Ingin Tonton Film Terbaru Reza Rahadian

Film garapan sutradara Garin Nugroho ini diperani oleh aktor dan aktris ternama di Indonesia mulai dari Reza Rahadian, Christine Hakim, Sujiwo Tedjo, Alm. Alex Komang, Didi Petet, Ibnu Jamil serta pemain bintang lainnya, seperti Chelsea Islan, Maia Estianty, Christoffer Nelwan, Alex Abbad, dan lain-lain.


Film ini mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia HOS Tjokroaminoto di era 1890-1921.


Menurut Garin, seorang Tjokroaminoto tidak lepas dari konteks sosial yang dianggap sebagai seorang pemimpin pergerakan.


"HOS Tjokroaminoto sosok pemimpin pergerakan yang amat layak dijadikan panutan. Sebagai seorang sineas, saya merasa tertantang untuk membuat filmnya," ucap Garin saat jumpa pers film
Guru Bangsa: Tjokroaminoto
di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Maret 2015.


Garin menuturkan, film yang disutradarainya kali ini merupakan refleksi masa lampau Indonesia yang divisualisasikan menjadi sebuah film.


"Anda melihat Indonesia dari film ini, ini adalah peta kecil masa lampau yang ada di negeri ini. Ini sejarah yang lengkap yang dibuat imajinasinya," kata Garin.


Di film ini, HOS Tjokroaminoto berjuang bersama tokoh lainnya mengubah Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Tjokroaminoto kemudian memimpin organisasi tersebut hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak 2 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya