Ini Hasil Jokowi Promosi Investasi ke Jepang dan RRT

Franky Sibarani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat komitmen investasi dari Jepang dan Tiongkok ke Indonesia, saat ini sebesar US$73,46 miliar.Terdiri dari US$10,06 miliar komitmen investasi Jepang dan US$63,4 miliar dari Tiongkok.

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
Kepala BKPM, Franky Sibarani, Rabu 1 April 2015, mengatakan bahwa komitmen itu merupakan hasil kunjungan kerja Prsiden Joko Widodo ke kedua negara tersebut beberapa waktu lalu. 

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
Dia memaparkan, permohonan investasi yang masuk dari Jepang pada periode Oktober 2014-Maret 2015, sudah mencapai US$2,7 miliar. Komitmen yang sudah masuk tahap pengajuan izin mencapai US$8,11 miliar, sedangkan yang didorong untuk mengajukan izin sebesar US$1,95 miliar. 

"Sektor-sektor yang diminati investor Jepang yaitu otomotif, olahan, dan logam," tambahnya.
 
Sementara itu, permohonan investasi dari Tiongkok pada periode yang sama mencapai US$13,66 miliar. BKPM mencatat, investor Tiongkok berminat di sektor kawasan industri dan industri semen. Negara itu pun berminat untuk mendanai sejumlah proyek pemerintah dalam penyediaan infrastruktur.

"Sedangkan tren realisasi investasi Tiongkok di Indonesia semakin meningkat dari US$297 juta pada 2013, meningkat menjadi US$800 juta pada 2014," Kata Franky. 

Sebagai Informasi, untuk pertama kalinya, pada triliwulan IV - 2014, Tiongkok masuk lima besar negara yang paling banyak menanamkan modalnya di Indonesia. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya