Laser Ini Mampu Lumpuhkan Kendaraan dari Jauh

Sinar laser
Sumber :
  • sandia.gov
VIVA.co.id
Kanada 'Tertangkap' Jual Senjata ke Arab Saudi
- Perusahaan teknologi Lockheed Martin mengklaim berhasil membuat laser yang mampu menghancurkan obyek besar dari jarak jauh. Laser ini dinamai Athena dan masih berupa purwarupa.

Daftar Senjata Pemusnah Peradaban Manusia

Athena merupakan kepanjangan dari
Rusia Akan Pertahankan Superioritas Militer
Advanced Test High Energy Asset , dikembangkan untuk bisa membakar sebuah truk, atau menghancurkan kendaraan besar seperti kereta yang sedang melaju cepat.


Dalam uji coba itu, dilansir
Business Insider
, Rabu 1 April 2015, sebuah truk diletakkan dalam jarak satu mil dari laser Athea. Meski kendaraan itu sedang berjalan, namun laser Athena mampu menguci posisi truk dan mengarahkan laser ke mesin depan truk. Dalam sekejap, kendaraan itu pun terbakar dan berlubang di bagian mesin.


Namun begitu, Athena tidak dimaksudkan untuk meledakkan kendaraan, atau membuat kerusakan yang berkeping-keping. Kemampuannya yang bisa mengarahkan senjata dari jarak jauh akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam medan perang.   


Athena merupakan senjata laser fiber berukuran 30 kilowatt. Mereka menggunakan proses yang disebut penyatuan pantulan spektrum untuk menghasilkan sistem senjata laser yang lebih canggih.


"Senjata laser sebelumnya terbukti kurang efisien, karena ukurannya yang tebal dan cenderung tidak tahan panas. Banyak energi yang dibutuhkan untuk memberikan daya pantul yang kuat. Penyatuan pantulan spektrum bisa menyiasati keterbatasan ini dengan menggunakan modul laser fiber. Fiber optik memang fleksibel, sehingga cakupannya bisa ribuan meter dan tidak memakan banyak tempat," ujar pihak Lockheed, dikutip dari
Gizmag
.


Meskipun masih berupa prototipe, Lockheed memiliki keyakinan besar akan sukses sistem Athena di masa depan. Perangkat itu diklaim bisa disematkan di pesawat militer, helikopter, kapal, bahkan truk. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya