2039, NASA Bisa Kirim Astronot ke Mars

Ilustrasi astronot.
Sumber :
  • 21stcentech.com
VIVA.co.id
SpaceX Bikin Poster Tarik Minat Manusia Tinggal di Mars
- Komunitas pecinta luar angkasa, Planetary Society memprediksi bahwa misi NASA untuk bisa mengirim kru ke orbit Mars bisa dilakukan pada 2033. Bahkan, astronot pertama mereka bisa mendarat di Mars pada 2039.

Nitrogen Ditemukan, Kehidupan Mars Dimulai

Prediksi ini didapat, setelah mereka mencari kemungkinan dan kemampuan biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah dan NASA. Misi mengorbit ke Mars, The Phobbos, kemungkinan membutuhkan waktu 30 bulan. Total bulan itu dibagi menjadi 18 bulan perjalanan bolak balik dan 12 bulan berada di orbit.
Ilmuwan Akan Buktikan Mampu Ciptakan Oksigen di Mars


Misi ini akan digunakan anggota kru untuk mempelajari Phobos dan Deimos, bulan yang mengorbit di Mars. Mereka juga akan meletakkan kendaraan luar angkasa ke permukaan Mars.


"Bisa mengirim manusia ke Mars, ternyata jauh lebih kompleks ketimbang ke bulan. Namun, eksplorasi luar angkasa memberikan semua kemungkinan terbaik untuk kita. Dengan mendapatkan konsensus dalam pengaturan yang tepat untuk misi, kita bisa mengirim manusia ke Mars tanpa membutuhkan banyak biaya," ujar CEO Planetary Society, Bill Nye, seperti dikutip
Daily Mail
, Senin 6 April 2015.


Para ilmuwan yakin, jika 2033 merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan misi. Hal ini, karena dibandingkan dengan misi Apollo 8 NASA. Kala itu, NASA mengorbit ke bulan sebelum manusia akhirnya mendarat ke permukaannya.


Ilmuwan juga memprediksi, orbit Bumi dan Mars, ketika bertemu, akan terlihat ukuran spesifik dari keduanya. 'Jendela' Bumi dan Mars akan bertemu dan itulah saat yag tepat untuk meluncurkan kendaraan luar angkasa, Curiosity.


Hitungannya, Bumi bisa berjarak dekat dengan Mars pada 33,9 juta mil, atau 54,6 juta kilometer. Ukuran terjauhnya mencapai 250 juta mil, atau 400 juta kilometer. Ini artinya, 'jendela' berikut dari keduanya akan terbuka pada Januari 2016 sampai April 2016. Dari sini, ada kemungkinan NASA untuk bisa meluncurkan dua misi lagi ke planet merah itu.


Untuk misi pendaratan manusia ke planet merah, mereka butuh dua 'jendela'. Masing-masing untuk peluncuran dan untuk kembali pulang. Artinya, total waktu yang mereka butuhkan adalah dua tahun.


Untuk bisa mencapai ke Mars, butuh waktu sembilan bulan. Untuk itu, astronaut harus menunggu selama setahun, sebelum akhirnya mereka bisa pulang kembali. Artinya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi tersebut total adalah tiga tahun. (asp)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya