Makam Kuno di Yordania Dijaga Robot Pesawat

Makam kuno di dekat rumah Yesus
Sumber :
  • www.livescience.com/Ken Dark
VIVA.co.id
Penggalian Lokasi Situs Majapahit Dinilai Langgar UU
- Negara Yordania memang dikenal memiliki banyak makam kuno yang dibuat pada zaman perunggu, khususnya di selatan Yordania. Para penjarah makam berupaya menggali makam-makam itu dan mengambil harta karun di dalamnya, yang diklaim antik dan berharga mahal.

Patung Sepasang Kekasih Masa Majapahit Ditemukan Warga

Namun kini para penjarah makam tidak lagi bisa berkutik karena robot terbang dijadikan penjaga untuk makam kuno yang jumlahnya puluhan ribu itu. Pesawat robot atau drone itu digunakan untuk mendapatkan gambar udara dari kondisi sekitar komplek makam. Berdasar tangkapan gambar itu, arkeolog juga bisa melacak harta karun atau artefak yang dicuri, baik untuk melacak pedagang maupun pembelinya.
Gundukan Tanah Diduga Kuat Situs Leluhur Raja-raja Jawa


Makam di dekat Laut Mati, Yordania, memiliki sekitar 10.000 kuburan berusia 5.000 tahun. Tampak dari udara, kondisi makam sudah acak-acakan karena proses penjarahan yang tidak manusiawi. Tulang belulang manusia kuno berantakan, dan beberapa harta karun yang pecah, seperti keramik, ditinggalkan begitu saja.


Gambar udara yang diambil drone itu bisa mendeteksi titik penjarahan terjadi. Drone itu dibuat oleh tangan Chad Hill, seorang arkeolog dari University of Connecticut.


"Kami berharap ini bisa memberikan perubahan. Tidak hanya mengenai kondisi makam tapi juga posisi pasti artefak yang ada," ujar Hill, seperti dikutip
Mail Online
, Senin 6 April 2015.


Penjarah makam lokal memang cukup banyak di Yordania. Diprediksi, para penjarah kuburan itu dibayar US$10.500 untuk menggali 28,084 titik. Jarahan mereka bisa dijual di London dengan harga US$5 juta.


Artefak dari makam bernama Fifa ini kadang berakhir di tempat pelelangan benda kuno di Israel.


Para arkeolog juga mencoba memberikan edukasi kepada penjarah lokal yang tertangkap. Mereka meminta para penjarah itu untuk mencari cara lain dalam mendapatkan keuntungan dari makam kuno ini. Salah satunya dengan membuat dan menjual replika dari artefak yanng ada.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya