Peran Penting Pengusaha Bagi Ekspor-Impor Versi Apindo

Suasana ekspor impor di pelabuhan.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani, menegaskan perlunya kerja sama antara organisasi pengusaha Indonesia dengan pemerintah melalui kegiatan pembinaan dunia usaha nasional.

Apindo Pesimis Penurunan Harga BBM Bisa Dorong Daya Beli

Dia mengatakan, peran dunia usaha dan pengusaha mendapat peranan penting dalam meningkatkan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri.
Apindo Keberatan Iuran BPJS Kesehatan Naik


"Kerja sama ini sebagai upaya mendukung perkembangan perdagangan, khususnya meningkatkan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri," ujar Haryadi, saat penandatanganan nota kesepahaman dengan Menteri Perdagangan, di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin 13 April 2015.


Ia menambahkan, dengan penduduk sebanyak 240 juta, kelas menengah yang terus meningkat, sistem politik yang demokratis serta lokasi geografis yang strategis di kawasan Asia Tenggara, Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik.


"Maka dari itu, Apindo berkomitmen untuk memberikan masukan kepada pemerintah mengenai permasalahan nasional dan internasional yang dapat mempengaruhi peningkatan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri," ujarnya.


Apindo, dia melanjutkan, juga berharap nota kesepahaman ini mampu mendorong pelaku usaha ekspor Indonesia untuk memanfaatkan fasilitas preferensi perdagangan, termasuk mendukung pemerintah dalam memberikan pemahaman dunia usaha, terkait isu strategis di bidang perdagangan, standardisasi dan perlindungan konsumen, kepatuhan sosial (
social complience
) dan hak kekayaan intelektual.


Selain itu, menurut Hariyadi, Apindo juga memberikan dukungan guna terwujudnya kontrak dagang antara pelaku usaha ekspor di Indonesia. Termasuk, UKM dengan pelaku usaha asing. Kegiatan promosi perdagangan di dalam dan luar negeri juga menjadi perhatian Apindo agar bisa dijalankan oleh pengusaha binaan pemerintah.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya