Laju Ekspor China Mengecewakan

Jalan khusus pengguna ponsel di Chongqing
Sumber :
  • SMCP

VIVA.co.id - Biro Statistik Nasional melaporkan bahwa laju ekspor China secara mengejutkan merosot di bulan Maret. Ini merupakan peringatan buruk untuk data produk domestik bruoto (GDP) kuartal pertama yang akan dirilis Rabu 15 April 2015.

Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik

Seperti mengutip dari BBC, Senin 13 April 2015, ekspor turun sebesar 14,6 persen dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini merupakan imbas dari melemahnya tingkat permintaan global dan dampak dari Tahun Baru Imlek.

Pencapaian tersebut, jelas mengecewakan, apabila dibandingkan dengan estimasi untuk kenaikan sebesar 12 persen dan juga tren positif sebesar 48,3 persen pada Februari.

Volume Ekspor China Meningkat, Bawa Angin Segar bagi RI?

Sementara itu, tingkat impor turun sebanyak 12,3 persen, sedikit lebih buruk dari ekspektasi penurunan sebesar 11,7 persen. Bahkan, termasuk penurunan 20,5 persen pada bulan sebelumnya.

Adapun, untuk surplus perdagangan Maret mencapai US$3,08 miliar, jauh di bawah estimasi pada US$43,8 miliar.

Investor China Akan Relokasi Pabrik ke Indonesia

Menurut Tony Nash, wakil presiden Delta Economics, permasalahan sesungguhnya pada data perdagangan China adalah karena tidak adanya revisi. Tony mengatakan bahwa angka ekspor sebesar 45 persen pada bulan lalu terlalu tinggi dan angka saat ini terlalu rendah. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya