Tips Hindari Antrean Panjang Kereta Api Lebaran

Arus Balik Mudik Lebaran 2013 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kebutuhan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api pada momen Lebaran semakin tinggi. Buktinya, PT Kereta Api Indonesia pada momen mudik dan balik Lebaran 2015, memilih menambah kapasitas angkutan KA hingga 11 persen.

Tercatat, pada momen Lebaran 2014 lalu, jumlah tiket yang disediakan, baik KA jarak jauh maupun sedang mencapai 79.654 seat (tempat duduk) per hari. Sementara itu, tahun ini bertambah menjadi 88.676 seat per hari.

“Ada penambahan sekitar 11 persen dari tahun lalu, karena tahun ini ada tambahan KA-KA baru, seperti Jayabaya, Kamandaka, dan Malioboro Ekspres,” kata Direktur Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono, di Semarang, Senin 13 April 2015.

Angka tersebut, kata dia, hanya untuk KA reguler saja. Sedangkan untuk KA tambahan Lebaran dan KA lokal, belum tercatat di dalamnya.

Mengantisipasi antrean panjang serta masalah lain, PT KAI mengimbau, agar masyarakat yang berhasil melakukan pembelian tiket via channel eksternal, untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin cetak tiket mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun.

“Hal ini untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrean panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan KA,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi tingginya traffic pembelian tiket pada rail ticketing system (RTS), PT KAI telah melakukan upaya khusus.

Upaya tersebut, di antaranya melakukan penambahan bandwidth dari 80 Mbps menjadi 120 Mbps, meningkatkan kapasitas backend server ticketing sebesar tiga kali lipat dibanding kapasitas tahun lalu, serta melakukan peningkatan security system.

“Dengan peningkatan fasilitas dari segi teknologi informasi (TI) ini, diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket KA,” ungkap EVP Information System PT KAI, Mukti Jauhari.



Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto menambahkan, untuk ketersediaan tempat duduk KA Lebaran hingga hari ini pukul 12.00 WIB masih banyak kekosongan.

Adapun pemberangkatan KA dari 7 juli 2015 (H-10) hingga 12 juli 2015 (H-5), adalah sebagai berikut:

1. Ketersediaan tiket untuk KA-KA ekonomi subsidi dari Jakarta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur, rata-rata dari tanggal 7-12 Juli 2015 telah habis terjual.

Untuk wilayah daop 4 Semarang di antaranya, KA Tawang Jaya, KA Kertajaya, KA Matarmaja dan KA Brantas.

2. Ketersediaan untuk KA-KA ekonomi subsidi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur (KA Tawangjaya, KA Matarmaja, KA Kertajaya, KA Brantas) tujuan Jakarta masih banyak tersedia untuk tanggal 7-12 Juli 2015.

3. Ketersediaan untuk KA-KA ekonomi komersial seperti KA Menoreh, KK Kamandaka, KA Majapahit, baik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah/Jawa Timur, maupun tujuan Jakarta dari Jawa Tengah/Jawa Timur, dari tanggal 7-12 Juli 2015 masih banyak tersedia.

4. Ketersediaan untuk KA-KA bisnis dan eksekutif seperti KA Muria, KA Sindoro dan lainnya, baik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah/Jawa Timur, maupun tujuan Jakarta dari Jawa Timur/Jawa Jengah, masih banyak tersedia untuk tanggal 7-12 Juli 2015.

5. Ketersediaan untuk KA Harina dari Jawa Tengah/Jawa Timur menuju Bandung, atau dari Jawa Tengah/Jawa Timur menuju Bandung, untuk tanggal 7-12 juli 2015 masih banyak tersedia. (asp)

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket



![vivamore="Baca Juga :"]

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

[/vivamore]
Pengacara Sebut Pengosongan Rumah Dinas PT KAI Paksaan
KRL Commuter Line.

Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia

Penumpang naik hingga 400 persen.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016