Sharp Ambisi Bikin Layar Smartphone 4K

Sharp
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino/Files
VIVA.co.id
Tak Bisa Tidur Nyenyak Usai Lihat Ponsel? Ini Penyebabnya
- Resolusi layar perangkat
mobile
Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
yang kian detail segera hadir. Perusahaan asal Jepang, Sharp, mengumumkan siap memproduksi layar perangkat mobile
Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
dengan resolusi ultra HD atau 4K.

Sharp sedang tak bercanda. Perusahaan ini bahkan berambisi untuk memproduksi massal layar resolusi itu pada 2016 dan dijadwalkan tersedia pada awal 2017.

Perangkat yang memakai teknologi layar itu akan memiliki kepadatan piksel 806 piksel per inci, artinya gambar yang ditampilkan akan lebih tajam dari sebelumnya.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa 14 April 2015, layar 4K itu lebih berkualitas dibanding layar quarter HD pada LG G3 yang memiliki resolusi 538 piksel per inci.

Kehadiran layar perangkat mobile berkualitas 4K tak lepas dari teknologi layar semikonduktor transparan IGZO Sharp.

Teknologi IGZO merujuk pada campuran unsur mulai dari indium, galium, besi oksida. Semikonduktor ini sangat membantu kepadatan yang lebih tinggi.

Namun, laporan laman Daily Tech mengingatkan kelemahan teknologi layar 4K, yaitu soal konsumsi daya. Diperkirakan konsumsi daya layar ini cenderung lebih tinggi dibanding layar kualitas QHD. Pada perangkat dengan layar QHD saja, setidaknya butuh sokongan kapasitas baterai minimal 2800 MAh.

Problem lainnya yakni perbedaan visual yang dihasilkan. Disebutkan pada umumnya pengguna dengan penglihatan yang sangat baik akan melihat peningkatan ketajaman dari layar FHD (1080 piksel) ke layar QHD (1440 piksel).

Tapi, bagi pengguna yang penglihatannya kurang baik, akan kesulitan melihat perbedaan penampilan resolusi antara layar 2K dengan 4K, meski pada layar yang sama. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya