Banyak Tamu Asing, DPR Butuh Polisi Parlemen

Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Usul Polisi Parlemen Dipicu Aksi Kekerasan di DPR
- Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Firman Subagyo, menilai pentingnya pembentukan polisi parlemen. Menurut dia, gedung parlemen tidak hanya didatangi oleh masyarakat, namun juga tamu-tamu asing.

Fadli Zon: Polisi Parlemen untuk Modernisasi
Selain itu, modus kejahatan terus meningkat sehingga pengamanan di dalam gedung parlemen juga harus ditingkatkan.

LSM: Polisi Parlemen Cuma Boroskan Anggaran
"AC bisa saja dikasih racun, kalau kita hirup bisa mati kita. Makanya pengamanan itu perlu ditingkatkan," kata Firman di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 14 April 2015.

Untuk peningkatan pengamanan di komplek DPR RI, Baleg sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Peningkatan pengamanan di gedung DPR akan menyesuaikan kebutuhan.

"Polda akan meningkatkan sistem keamanan akan menjadi klasifikasi B. Ini karena banyak tamu negara asing dan lain lain," ujar Firman.

Dengan ditingkatkannya pengamanan di dalam parlemen, politikus Golkar ini memastikan penyampaian aspirasi dari masyarakat tidak akan terganggu. "Kami buka lebar Itu. Masyarakat jangan khawatirkan urusan pengamanan," ujar Firman.

Selain itu, Firman menegaskan, dengan keberadaan polisi parlemen nantinya tidak menghilangkan fungsi Pamdal DPR. Kata dia, Pamdal DPR tidak akan dibubarkan dan tetap mengamankan komplek parlemen di bagian dalam.

"Pamdal itu bagian dalam nanti, nggak dibubarkan. Yang polisi kemanan luar. Sistem komando menyeluruh akan dipegang polisi, karena kewenangan Kamtibnas ada di polisi bukan di pamdal," tegasnya. (ase)
![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya