Mobomarket Bidik 1.000 Developer Lokal

MoboMarket Undang Pengembang Aplikasi Lokal Ikuti “Finding Top 50 Local Apps”
Sumber :
VIVA.co.id
Ini Aplikasi yang Disukai dan Dibenci Orang Indonesia
- Toko aplikasi khusus Android besutan Baidu, Mobomarket, membuka peluang kepada 1.000 pengembang aplikasi untuk bergabung. Sampai saat ini, tercatat hampir 300 developer lokal telah bergabung dengan Mobomarket.

2015, Nilai Industri Mobile Game US$200 Juta

Dikatakan Marketing Manager Baidu Indonesia, Iwan Setiawan, menggaet pengembang lokal merupakan salah satu cara Baidu untuk bisa melakukan diferensiasi pasar. Ini bisa menjadi salah satu senjata untuk bisa mengalahkan toko aplikasi pesaing.

"Ini upaya kami untuk diferensiasi saja. Lagi pula, pengembang lokal itu sebenarnya tidak kalah dengan para pengembang global. Aplikasi buatannya pun bagus-bagus," ujar Iwan, ditemui usai presentasi di Echelon.ID di Jakarta, Rabu 15 April 2015.

Sejak kemunculannya tahun lalu, Baidu berhasil mengumpulkan lebih dari 640 ribu aplikasi di tokonya itu. Dari total angka tersebut, aplikasi buatan pengembang lokal baru sekitar 2.000 aplikasi.

"Kami mencoba memposisikan diri sebagai toko aplikasi pertama yang fokus dalam menyediakan aplikasi-aplikasi lokal dari Indonesia," ujar Iwan.

Dikatakan Iwan, hingga akhir Maret 2015, Mobomarket diklaim telah diunduh 10 juta kali. Basis penggunanya per bulan di Indonesia, sampai periode itu, mencapai tiga juta. Total, 361 juta aplikasi di Mobomarket telah diunduh oleh para pengguna Baidu di Indonesia.



Aplikasi game masih unggul

Dalam riset yang dilakukan Baidu selama kuartal pertama 2015 ini, diketahui bahwa aplikasi game, sosial media, dan aplikasi foto masih menjadi pilihan favorit pengguna Mobomarket. Tren ini hampir sama dengan riset yg juga dikelola Baidu kuartal sebelumnya.

Game memiliki kontribusi unduhan sebanyak 45,6 persen. Sementara itu, aplikasi sosial media dan foto menduduki posisi setelahnya. Presentasi kedua kategori aplikasi ini berturut-turut sebesar 11,6 persen dan 10,2 persen.

Jenis game yang paling banyak diunduh adalah game kasual, atau ringan sebanyak 29,9 persen. Sementara itu, jenis game dengan genre arcade mencapai 12,2 persen, game racing mencapai 11,8 persen, game action 10,19 persen, dan game olahraga sekitar 6,3 persen. (asp)

Baidu: Ada 22 Persen Pengguna Unduh 5 Aplikasi Per Hari
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya