Baleg DPR Selenggarakan Workshop Penguatan Badan Legislasi

Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI & Komisi II DPR RI
Sumber :
  • Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI & Komisi II DPR RI

VIVA.co.id - Badan Legislasi DPR RI (Baleg) menyelenggarakan workshop penguatan Badan Legislasi menuju peningkatan kinerja legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indoensia.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Workshop dengan tema penguatan fungsi legislasi DPR ini bertujuan mencari masukan dalam rangka meningkatkan kinerja legislasi DPR, di Senayan, Rabu 15 April 2015.

“Tujuan penyelenggaraan workshop ini untuk mencari masukan dalam rangka meningkatkan kinerja legislasi DPR, serta bagaimana upaya penguatan Badan Legislasi agar dapat meningkatkan peran Badan Legislasi dalam rangka penguatan fungsi legislasi DPR menjadi lebih signifikan,” kata Ketua Baleg Sareh Wiyono dalam sambutannya di  Pustakaloka Gedung Nusantara IV DPR RI, Jakarta.

Masukan-masukan dalam workshop ini, kata Sareh, akan disusun dalam bentuk proceding yang diharapkan dapat dijadikan pijakan dalam menentukan langkah selanjutnya dalam upaya penguatan fungsi legislasi da Badan Legislasi DPR.

Dijelaskan Sareh, workshop yang diselenggarakan selama satu hari ini, dilaksanakan dalam dua sesi dengan menghadirkan para pakar sebagai narasumber untuk setiap sesia serta pembanding pada setiap sesinya.

Sementara peserta workshop ini terdiri dari pimpinan/anggota komisi, pimpinan/anggota Badan Legislasi, Panitia Perancang Undang-Undang DPD, para peneliti, perancang Undang-undang, tenaga ahli alat kelengkapan dewan, dan tenaga ahli anggota DPR RI.

Dan narasumber dalam kegiatan workshop ini, antara lain Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Bagir Manan, Irjen Polisi Djoko Prastowo, Irman Putra Sidin, dan Pataniari Siahaan. Dalam worskhop ini juga diundang dua lembaga sebagai pembanding yaitu Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) dan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK).

Sareh mengharapkan, partisipasi dan sumbangan pemikiran dari pada peserta. “Pemikiran yang disampaikan dalam kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya kita bersama untuk menata sekaligus meningkatkan kinerja legislasi DPR,”, harapnya. (www.dpr.go.id)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016