Operator Telekomunikasi Dukung Penuh Konferensi Asia Afrika

Spandung 60 Tahun Peringatan Konferensi Asia Afrika di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVA.co.id - Konferensi Asia Afrika, yang berlangsung di dua tempat, Jakarta dan Bandung, pekan depan, mendapatkan perhatian khusus dari para operator telekomunikasi di Indonesia. Telkomsel, XL dan Indosat mengklaim telah menyiapkan berbagai infrastruktur yang akan untuk mendukung kelancaran komunikasi pertemuan akbar tersebut, baik dari sisi jaringan, produk serta layanan.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel mengaku telah melakukan pengecekan berkala terhadap lebih dari 11.000 BTS di Jakarta dan Bandung, serta 165 unit COMBAT (Mobile BTS). Khusus untuk perhelatan ini, Telkomsel mengalokasikan sebanyak 13 unit COMBAT yang akan beroperasi di lokasi-lokasi acara peringatan KAA berlangsung seperti di JCC (Jakarta Convention Center) dan Gedung Merdeka (Bandung), guna mendukung optimalnya jaringan di lokasi tersebut.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Selain itu digelar juga 511 titik akses WiFi di lokasi-lokasi yang strategis sehingga para delegasi, media, panitia dan berbagai pihak lainnya dapat memperoleh layanan broadband dengan kualitas prima dimana pun mereka berada selama perhelatan ini berlangsung.

"Telah beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di Jakarta dan Bandung, diharap dapat memberikan akses data yang lebih cepat selama KAA berlangsung. Saat ini jaringan Telkomsel 4G LTE yang mencakup lebih dari 80 persen Jakarta dan hampir 100 persen kota Bandung, didukung oleh sekitar 580 BTS 4G termasuk di wilayah lokasi-lokasi tempat peringatan KAA berlangsung," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, dalam keterangannya, Rabu 15 April 2015.

Sedangkan XL mengklaim sudah sejak jauh hari menempatkan area-area yang terkait dengan KAA dalam program transformasi jaringan. Area-area lalu lintas KAA dianggap sudah mengalami peningkatan untuk semua jenis layanan, baik percakapan, SMS, maupun data. Meski demikian, XL tetap melakukan optimisasi layanan 3G, selain deployment 4G LTE dan Dual Carrier HSPA

"Jumlah total BTS 4G XL yang siap mendukung hajatan KAA di Jakarta sekitar 50 BTS. Sementara itu di Bandung, XL menyiapkan sekitar 65 BTS, yang tersebar di area Ir. Djuanda, Merdeka, Pasteur, Braga, Pasir Kaliki, ITB, Bandara Husein, Antapani, Dan Setiabudi. Tentu saja layanan 4G XL bisa didapatkan di lokasi KAA, Gedung Merdeka dan area sekitarnya," ujar Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan.

Didukung oleh Program Modernisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringannya, Indosat pun berkomitmen untuk menyediakan kualitas layanan dalam acara ini. Khusus kota Bandung yang menjadi salah satu lokasi berlangsungnya kegiatan KAA, Indosat telah menyelesaikan program Modernisasi Jaringannya di kota tersebut, sehingga para delegasi dan peserta KAA yang memanfaatkan layanan telekomunikasi Indosat di Bandung dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman dan lancar.

"Indosat dengan pengalamannya sebagai operator kelas dunia menyediakan jaringan yang akan digunakan oleh para TV Broadcaster lokal dan internasional dalam memberitakan setiap kegiatan yang terjadi pada Peringatan KAA ke-60 baik di Jakarta maupun di Bandung. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kami demi suksesnya acara ini,” ujar Feby Sallyanto, Group Head Major & Strategic Accounts Indosat. (ren)

![vivamore="
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah
Baca Juga :"]
KAA Bukan Ajang Pamer Kedekatan RI dengan Tiongkok

[/vivamore]
Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015