Plus Minus Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Memangnya bisa tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit? Jawabannya, bisa!

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Jadi, selain bisa digunakan berbelanja dan membayar cicilan, kartu kredit Anda bisa juga digunakan untuk mengambil uang secara tunai via ATM yang berlogo sama dengan kartu kredit Anda. Misalnya di kartu kredit Anda tertera logo Mastercard, maka Anda bisa mengambil tunai di ATM bank mana saja yang mempunyai logo Mastercard.

Tapi, ingat, ada konsekuensi apabila Anda melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit. Ada biaya tambahan dan juga bunga yang dikenakan untuk penarikan tunai tersebut.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Bunga tarik tunai menggunakan kartu kredit sebenarnya sama dengan suku bunga bulanan kartu kredit itu sendiri.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran BI (SEBI) No. 14/34/DASP, yaitu:

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

1. Batas maksimum suku bunga kartu kredit yang wajib diterapkan oleh penerbit kartu kredit adalah sebesar 2,95 persen per bulan atau 35,40 persen per tahun

2. Batas maksimum suku bunga kartu kredit berlaku baik untuk transaksi pembelanjaan maupun transaksi tarik tunai

Ingat, bunga dari transaksi tarik tunai via kartu kredit dihitung sejak tarik tunai dilakukan, di mana sistemnya menyerupai bunga harian. Anda akan diwajibkan membayar uang pokok yang dipinjam, biaya administrasi dan juga bunga per hari.

Hal ini berarti, semakin cepat Anda bisa melunasi utang tarik tunai, semakin murah pula bunga yang Anda bayarkan.

Adapun biaya administrasi yang dikenakan oleh bank pemilik ATM rata-rata adalah 4 persen atau minimal Rp50 ribu, tergantung mana yang lebih besar.

Mengapa minimal Rp50 ribu? Coba Anda perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Misalkan Anda melakukan tarik tunai sebesar Rp1 juta dari ATM yang berbeda dengan kartu kredit Anda, maka bank tersebut akan mengenakan Rp50 ribu sebagai biaya administrasi karena jika mereka memberlakukan biaya 4 persen, maka Anda hanya akan dipotong Rp40 ribu.

Ini, tentunya kurang menguntungkan bagi pihak bank, oleh karena itu mereka mengenakan biaya Rp50 ribu daripada Rp40 ribu.

Namun, kalau Anda melakukan tarik tunai dari kartu kredit sebesar Rp2,5 juta maka Anda akan dikenakan biaya penarikan atau biaya administrasi terbesar yaitu 4 persen atau senilai dengan Rp100.000.

Hal ini dikarenakan Rp50 ribu nilainya lebih rendah dari konversi 4 persen tersebut. Sekarang mari kita ulik bersama plus dan minus melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit.

Ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan pastinya sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi tarik tunai tersebut.

Plus:

1. Kalau Anda sedang bepergian di luar negeri, uang tunai yang Anda terima lewat transaksi tarik tunai nantinya sama dengan mata uang negara setempat. Anda tidak perlu repot ke money changer hanya untuk menukar uang.

2. Kalau Anda dalam keadaan terdesak, memperoleh dana tunai secara cepat adalah suatu berkah. Apalagi, jika kebutuhan uang tunai tersebut cukup mendadak. Tarik tunai via kartu kredit bisa menjadi solusi praktis atas kebutuhan dana tunai secara cepat.

3. Bunganya harian, jadi semakin cepat Anda bayar utang tarik tunai tersebut maka semakin murah juga bunga yang harus Anda bayar. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Semakin lama Anda bayar utang tarik tunai tersebut, maka semakin banyak juga biaya bunga yang harus Anda tanggung.

Minus:

1. Apabila Anda melakukan tarik tunai saat di luar negeri, saat Anda melakukan pembayaran, maka kursnya berdasarkan nilai tukar mata uang bank.

Biasanya nilai tukar mata uang di bank lebih mahal daripada saat kita menukarkan uang via money changer. Dengan situasi ini pada akhirnya Anda harus membayar uang pokok tarik tunai dan bunga tarik tunai yang lebih mahal.

2. Ada batas maksimal penarikan menggunakan kartu kredit, yakni 40 persen dari total limit kartu kredit yang Anda miliki saat ini.

Jadi buat Anda yang membutuhkan uang dalam jumlah tertentu dan lebih dari 40 persen limit kartu kredit Anda, kami sarankan Anda mengupayakan pinjaman dana yang lain untuk menutupinya.

3. Semakin besar uang yang hendak Anda tarik dari kartu kredit, maka semakin besar pula biaya administrasi yang harus Anda bayarkan. Ingat aturan biaya administrasi 4 persen yang tadi kita bicarakan di atas.

Nah, demikian plus-minus melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit. Pertimbangkan dengan masak sebelum Anda melakukan transaksi keuangan yang nantinya akan Anda bayar dalam jangka waktu tertentu ke depannya. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya