Si Cantik dari Masa ke Masa

Artis cantik dari masa ke masa
Sumber :

VIVA.co.id - "Kecantikan wanita adalah sesuatu yang sulit dijelaskan dengan kata-kata." Kalimat itu terucap dari mulut fotografer ternama Hollywood, Leo Fuchs, saat bicara soal definisi kecantikan wanita.

Kecantikan seorang wanita memang relatif. Bicara soal kecantikan selalu mengarah pada unsur subjektif. Karenanya, tidak heran, jika penilaian gelar wanita tercantik dunia dari waktu ke waktu tidak pernah sama. Semua mengikuti perkembangan zaman, dan juga tren yang terjadi saat itu di kalangan masyarakat.

Sudut pandang masyarakat tentang cantik sangat beragam. Cantik menurut mereka bisa dilihat dari rambut pirang, dagu bak lebah bergantung, hidung mancung, dan wajah oval dengan alis bak semut beriring.

Tetapi, cantik juga bisa dinilai dari keindahan tubuh dan kaki jenjang yang seksi. Bisa tubuh padat berisi atau kurus dengan pinggang kecil seperti boneka Barbie. Tetapi, yang terpenting adalah cantik luar dan dalam. Dan juga memiliki otak.

Dan, pastilah, ditasbihkan menjadi wanita tercantik dunia merupakan suatu kebangggaan. Karena dia menjadi simbol kecantikan perempuan di seluruh dunia. Di mana tak semua perempuan di bumi ini mampu mendapatkan gelar tersebut.

Wanita-wanita beruntung yang terpilih menjadi yang paling cantik di dunia memiliki pesona yang berbeda. Setiap wanita yang berhasil meraih gelar itu, mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri.

Tidak semua wanita yang menggondol gelar wanita tercantik dunia itu dipilih berdasarkan wajah dan penampilannya. Pemilihan itu juga dilihat dari cara mereka bersikap, memiliki rasa percaya diri, dan kontribusi mereka kepada masyarakat.

Aktris Audrey Hepburn yang terkenal karena keelokan rupanya mempunyai pandangan lain tentang definisi cantik. Menurutnya, cantik bukan hanya dilihat dari penampilan dan wajah semata.
"Keindahan wanita bukan dilihat dari pakaian yang dikenakan, sosok yang ia tampilkan atau bagaimana ia menyisir rambutnya. Kecantikan seseorang terlihat di matanya, karena di situlah pintu hatinya, tempat di mana cinta itu ada," ujar Audrey. Intinya, kecantikan sejati tercermin dari dalam hatinya.

Siapa saja mereka? Inilah deretan wanita cantik dari masa ke masa:

Marilyn Monroe

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Ia mewakili definisi cantik di zamannya. Monroe berhasil menjadi simbol seks di eranya. Dan hingga kini, ia masih sering disebut-sebut sebagai ikon penampilan sensual. Aktris berambut pirang ini tak hanya seksi, tetapi juga cantik dan memiliki bakat dan talenta mumpuni. Kecantikan dan pesona Monroe masih menjadi perbincangan hingga saat ini. Kecantikan dan kesuksesannya sebagai bintang menjadi panutan artis zaman sekarang. Tidak sedikit wanita masa kini yang meniru gayanya.

Elizabeth Taylor

Berbeda dengan Monroe, artis legendaris Elizabeth Taylor dikenal karena kecantikan dan penampilannya yang berkelas dan elegan. Kecantikan Liz Taylor dianggap sempurna. Kecantikannya tetap dikenang walau ia telah meninggal dunia.

Audrey Hepburn

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Kecantikan artis asal Inggris ini tak lekang oleh waktu. Terbukti dengan seiring berjalannya waktu, kecantikan bintang film My Fair Lady ini masih diakui publik dunia. Hal itu terbukti dari sebuah survei yang dilakukan di Inggris awal tahun ini. Nama Audrey disematkan sebagai wanita tercantik di dunia. Hasil survei itu membuktikan statusnya sebagai aktris yang ikonik diakui dunia.

"Audrey adalah orang yang spesial, tak ada wanita yang sepertinya. Dia selalu terlihat menarik setiap saat," kata Leo Fuchs. Ia memiliki daya tarik dan trik dalam penampilannya. Kekuatannya adalah pada riasan mata. Ia dinilai memiliki kecantikan yang klasik.



Grace Kelly
Ia adalah salah satu aktris besar di zamannya. Ia memiliki talenta besar dan juga kecantikan yang melegenda. Grace Kelly adalah wanita terkemuka dan berbakat. Ia dianggap memiliki kecantikan yang mencolok. Pesona yang dimiliki artis kelahiran tahun 1928 ini adalah kombinasi dari elegan, lembut, dan natural. Kecantikan yang dimilikinya membuat Pangeran Rainier III terpikat. Kelly menikahi Pangeran Rainier dan menjadi Ratu Monaco.

Kim Basinger

Kim Basinger salah satu aktris yang kecantikannya diakui publik dunia. Rambut pirang, tatapan matanya yang tajam, serta tubuh seksi mantan istri Alec Baldwin ini menjadi kekuatan dari artis yang mengawali kariernya dari model ini. Bahkan, di usianya yang sudah tidak muda lagi, Kim berhasil mencatatkan prestasi. Ia terpilih sebagai wanita tercantik di usia 50 tahun.

Jodie Foster

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Kemampuan akting Jodie Foster memang tak diragukan lagi. Ia berhasil meraih Piala Oscar lewat aktingnya di film Silence of The Lambs. Tak hanya bakatnya, kecantikan Jodie juga mencuri perhatian publik. Ia dikenal memiliki kecantikan alami. Ia berhasil masuk dalam daftar sebagai wanita tercantik sedunia versi People di tahun 1992.

Cindy Crawford

Cindy Crawford adalah satu-satunya non aktris yang mampu meraih predikat sebagai wanita tercantik sedunia versi People. Ia diberi gelar bergengsi itu di tahun 1993. Cindy dinilai memiliki kecantikan sempurna. Memiliki wajah cantik, tubuh indah, feminim, dan supermodel terkenal. Kecantikan mantan istri Richard Gere ini masih diakui hingga saat ini.

Meg Ryan

Dalam film-film yang dibintanginya, Meg Ryan selalu tampil cuek tetapi menarik. Ia juga salah satu artis yang percaya diri tampil dengan rambut pendek. Bintang film Sleepless in Seattle ini masuk dalam daftar 50 wanita tercantik dunia versi People di tahun 1994. Wajah mungil lawan main Tom Hanks di film You've Got Mail ini menghiasi cover majalah tersebut. Apa katanya mengenai cantik. "Kecantikan adalah subjek yang sangat eksentrik untuk berbicara tentang diri sendiri," ujarnya.

Courteney Cox

Pesona Courtney Cox juga menempatkan bintang serial Friends ini sebagai wanita tercantik sedunia versi People. Ia meraih predikat itu di tahun 1995. Di tahun yang sama sahabat Jennifer Aniston ini, juga meraih gelar Hottest Babe versi Playboy. Kekuatan yang dimiliki bintang berambut gelap ini adalah mata yang indah dan memesona serta senyum membunuh.

"Ia juga memiliki tangan yang indah dan kuat tetapi tetap feminin," kata lawan mainnya di Friends, David Schwimmer.

Michelle Pfeifer

Aktris berambut pirang ini berhasil meraih dua kali predikat sebagai Most Beautiful Woman versi People. Ia terpilih di tahun 1990 dan 1999. Bintang yang terkenal lewat perannya di Scarface ini dianggap memiliki kecantikan yang alami.

Julia Roberts

Film Pretty Woman memiliki peranan penting dalam karier ibu tiga anak ini. Tidak tanggung-tanggung, Julia berhasil terpilih empat kali sebagai wanita tercantik sedunia. Ia meraih gelar bergengsi itu di tahun 1991, 2000, 2005, dan 2010. Julia berhasil memecahkan rekor atas predikat wanita tercantik empat kali. Tidak hanya itu, peraih Piala Oscar ini juga sebelas kali masuk dalam daftar 50 Most Beautiful People di seluruh dunia.

Catherine Zeta-Jones

Catherine Zeta-Jones terkenal lewat perannya di The Mask of Zorro. Namanya semakin dikenal publik setelah menikah dengan Michael Douglas. Tetapi, kecantikan artis ini diakui publik dunia. Tak ingin dikenal hanya dengan pesona kecantikannya, Catherine menunjukkan kemampuan aktingnya dengan berhasi meraih Piala Oscar dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2003 lewat perannya di film Chicago. Ia terpilih menjadi wanita tercantik dunia di tahun 2001.

Nicole Kidman

Aktris Australia ini juga berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita tercantik di dunia versi People di tahun 2002. Ia berhasil mencuri perhatian melalui film Moulin Rouge. Film ini juga membuat namanya masuk dalam nominasi Oscar untuk pertama kalinya.

Halle Berry

Halle Berry mencetak sejarah. Ia adalah wanita berkulit hitam pertama yang berhasil berada di urutan teratas sebagai wanita tercantik sedunia. Halle Berry memiliki kecantikan yang unik dan eksotis.



Jennifer Aniston

Aktris ini berhasil memukau publik lewat perannya sebagai Rachel di serial Friends. Pesona kecantikan Aniston adalah dari rambutnya yang indah dan sehat. Selain itu, ia juga memiliki sex appeal dan tubuh yang indah. Wanita di seluruh dunia iri dengan rambut mantan istri Brad Pitt ini. Aniston memang sangat perhatian dengan mahkotanya. Rambut adalah aset ratu drama komedi romantis ini. Ia berhasil terpilih sebagai wanita tercantik sedunia tahun 2004.

Angelina Jolie

Di tahun 2006, Angelina Jolie memang begitu menyedot perhatian. Apalagi kalau bukan hubungannya dengan Brad Pitt. Tak hanya itu, di tahun itu ia juga mengadopsi dua anak serta hamil anak pertamanya dari Brad Pitt. Di tahun yang sama, ia juga terpilih sebagai duta dari PBB. Prestasi Jolie semakin lengkap karena ia juga meraih predikat sebagai wanita tercantik sedunia di tahun yang sama.

Drew Barrymore

Untuk mendapatkan gelar wanita tercantik di dunia versi People, Drew Barrymore bersaing dengan aktris cantik Hollywood lainnya. Ia harus berebut tempat dengan Scarlett Johansson, Jennifer Aniston dan Halle Berry. Tetapi, bintang film Charlie Angels ini berhasil mengalahkan para pesaingnya. Ia dinobatkan sebagai wanita tercantik di tahun 2007. "Saya merasa cantik setelah kerja keras dan berkeringat di seluruh tempat dan wajahku," ujarnya.
 
Kate Hudson

Kate Hudson berhasil menjadi wanita tercantik sedunia di tahun 2008. Menurut para editor People, mereka memilih artis berambut pirang itu karena kecantikan alaminya.

Christina Applegate

Aktris Christina Applegate menjadi selebriti paling inspiratif di tahun 2009. Setelah berjuang melawan kanker payudara, aktris ini menjalani mastektomi ganda, dan dilanjutkan dengan bedah rekonstruksi. Ia menyebut pengalaman hidupnya seperti roller coaster. "Keputusan yang Anda bikin untuk menyelamatkan hidup," ujarnya seperti dilansir dari People. Ia pun dinobatkan sebagai wanita tercantik di dunia.

Jennifer Lopez
Jennifer Lopez juga mencatat sejarah dalam Most Beautiful Woman versi People. Ia adalah wanita berdarah Latin pertama yang meraih gelar tersebut. Lopez dinobatkan sebagai wanita tercantik di dunia pada 2010.

Beyonce

Dari Jennifer Lopez, tahun selanjutnya adalah Beyonce yang berjaya. Ia berada di peringkat teratas mengalahkan Sofia Vergara dan Charlize Theron. Beyonce adalah wanita berkulit hitam kedua yang berhasil meraih predikat wanita tercantik di dunia.

Gwyneth Paltrow

Tahun 2013 gelar bergengsi ini adalah milik Gwyneth Paltrow. Mantan istri Chris Martin ini berhasil mengalahkan Beyonce. Ini keempat kalinya Paltrow masuk dalam daftar wanita tercantik. Namun, untuk pertama kalinya ia menghiasi cover majalah tersebut.

Lupita Nyong'o

Predikat Wanita Tercantik Dunia, yang dirilis Majalah People tahun 2014, bisa dibilang melawan arus. Cantik tidak lagi harus bertubuh seksi, berkulit putih, dan berambut pirang. Adalah Lupita Amondi Nyong’o, seorang aktris kelahiran Meksiko yang didapuk menyandang gelar prestisius itu. Bagi sebagian orang, Lupita mungkin tidak memenuhi stigma cantik yang berlaku umum.

Namun, siapa pun yang melihatnya bisa merasakan aura cantik yang dia pancarkan. Lupita selalu bisa berdandan pantas. Busana-busana yang dia pakai menjadi sorotan karena tak pernah ketinggalan tren. Lebih dari itu, ia punya segudang prestasi, terutama di bidang film.



Wanita Asia mulai unjuk gigi

Selama ini, imej dan predikat wanita tercantik seperti terpakem dan didominasi wanita Amerika Serikat, Eropa, atau Latin. Tetapi, seiring berjalannya waktu, penilaian kecantikan mulai bergeser.

Predikat cantik tak hanya milik wanita-wanita AS, Latin, atau Eropa, tetapi juga milik wanita-wanita Asia. Terbukti, beberapa belakangan ini situs  di luar negeri seperti TC Candler mulai memperhatikan artis-artis dari sejumlah negara Asia, seperti India, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

TC Candler merilis daftar Independent Critics List of the 100 Most Beautiful Faces, sejak tahun 1990-an. Namun, selebriti Asia mulai aktif masuk dalam jajaran daftar prestius ini di tahun 2000-an.

Artis Asia yang berhasil masuk daftar wanita tercantik dunia versi TC Candler adalah Song Hye Kyo dari Korea Selatan, Nozomi Sasaki dari Jepang, dan Preity Zinta dari India. Mereka masing-masing berada di posisi 18, 33 dan 41. Mereka berhasil mengalahkan artis-artis ternama Hollywood lainnya seperti Lindsay Lohan, Charlize Theron, Emma Roberts dan juga Megan Fox.

Sementara itu di daftar 2011, jumlah artis Asia yang masuk dalam daftar 100 Most Beautiful Faces semakin bertambah. Terdapat tujuh artis Asia yang namanya bertengger dalam deretan tersebut. Mereka adalah Song Hye Kyo yang peringkatnya naik 13 peringkat. Bintang Korea ini berada di posisi lima. Di peringkat 12 juga ditempati artis asal Negeri Ginseng, Go Ara. Artis Hong Kong, Shu Qi berada di posisi 29. Artis Korea lainnya, Jessica Jung menempati rangking 45. Artis Jepang Nozomi Sasaki turun peringkat jadi ke 71. Aktris India, Katrina Kaif di posisi 83.

Setiap tahunnya jumlah wanita Asia yang masuk dalam daftar yang dibuat situs AS ini terus bertambah. Di tahun 2012, ini tercatat terdapat 13 nama seleb Asia yang masuk ke daftar tahunan ini. Mereka adalah Jessica Jung. Mantan personel Girls Generation ini berada di peringkat 5. Disusul rekannya sesama penyanyi dari Korea Selatan, IU di posisi 19. Sementara itu, artis Tiongkok, Zhu Zhu menempati rangking 22, dan artis Nozomi Sasaki yang langganan di daftar ini berada di peringkat 25.

Song Hye Kyo harus puas di peringkat 33. Leader Girls Generation, Kim Taeyeon untuk pertama kalinya masuk deretan wanita tercantik dunia. Ia menempati peringkat 42. Di susul dengan rekannya di Girls Generation, Im Yoona yang bertengger di posisi 50.

Di peringkat 44 terdapat artis Tiongkok, Dada Chan. Nam Gyu Ri menempati rangking 58. Di posisi 67 Go Ara. Aktris India Priyanka Copra berada di peringkat 73. Dan Xun Zhou menyusul di posisi 82. Artis Taiwan, Barbie Hsu untuk pertama kali masuk di daftar ini. Bintang drama Meteor Garden ini berada di peringkat 89. Posisi 94 ditempati Jun Ji Hyun.

Tahun 2013, TC Candler kembali merilis daftar deretan wanita-wanita tercantik dari sejumlah negara di dunia. Di tahun ini terdapat 24 artis yang masuk daftar tersebut. Terdapat 14 artis Korea yang masuk dalam daftar ini.

Artis asal Korea Selatan, Nana yang secara mengejutkan berada di posisi 2. Sedangkan di peringkat 9 terdapat Taeyeon, yang disusul oleh artis lainnya dari Negeri Ginseng, yakni Suzy Bae di posisi 14. Jessica Jung yang sempat masuk lima besar harus puas di peringkat 20. Song Hye Kyo menempati rangking 24. Di peringkat 30 terdapat artis Tiongkok, Zhu Zhu. Kemudian di tempat ke 32 terdapat nama Satomi Ishihra.

Artis Korea Go Ara harus puas di peringkat 34. Dan artis Negeri Ginseng lainnya, IU di posisi 39. Artis Jepang yang langganan dalam daftar ini, Nozomi Sasaki menempati rangking 41. Jun Ji Hyun dari Korea menyusul di tempat ke-43. Artis Tiongkok, Liu Yifei di posisi ke 50. Personel AKB48, Haruka Shimazaki di peringkat 56. Di tempat ke 60 ada penyanyi terkenal Jepang, Ayumi Hamasaki.

Personel girlband Orange Caramel, Lizzy di peringkat 63. Sooyoung menyusul di tempat ke 66. Rekanya di Girls Generation, YoonA di posisi ke 71. Personel girlband Rainbow, Jaekyung di peringkat ke 75. Victoria Song dari Tiongkok menempsti posisi ke 80. Yang disusul dengan E-Young di peringkat ke 82. Sementara itu di posisi ke 86 terdapat artis Tiongkok, Fan Bing Bing.

Artis Malaysia Soo Wincci berhasil masuk daftar TC Candler di peringkat ke 91. Sedangkan Woori dari Korea menempel di posisi ke 94. Di posisi juru kunci terdapat nama artis Jepang, Aya Ueto.

Di tahun 2014, Nana kembali mengejutkan. Personel Orange Caramel ini mengalahkan artis ternama dunia lainnya. Ia berada di posisi pertama. Pemilik nama Im Jin Ah ini untuk kedua kalinya masuk dalam daftar tersebut. Tahun lalu, Nana menempati posisi kedua. Di tahun ini terdapat nama baru seperti Aditi Rao Hydari dari India. Ia berada di posisi 80. Terdapat juga artis Vietnam, Truong Tri Truc Diem yang menempati posisi 67.

Sekadar informasi, TC Candler membuat daftar wanita tercantik secara global. Pemilihan didasarkan dari profesi, gaya hidup, budaya, dan tingkat ketenaran dalam menyusun daftar. (umi)

![vivamore="Baca Juga :"]



[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya