Pemerintah Fokus Benahi Sektor Industri

pabrik isuzu di karawang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Sektor industri merupakan salah satu fokus pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan tahun ini sebesar 5,7 persen.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Sektor industri dinilai menjadi penting untuk terus dibenahi oleh pemerintah, karena penyerapan lapangan kerja yang cukup tinggi. Ditambah lagi dengan produk-produk yang menjadi penopang pertumbuhan devisa negara.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, mengatakan, pemerintah terus berbenah diri untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih maju, dengan salah satu yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah pembenahan sektor industri.


"Pertumbuhan industri diperkirakan bisa melampaui pertumbuhan ekonomi. Pada negara maju, industri menjadi salah satu fokus yang terus dibenahi pemerintah. Kami juga harus begitu," kata Andrinof, dalam acara
Sound Macroeconomic Policies in Indonesia to Accelerate Growth and Financial Stability
di Menara Batavia, Jakarta, Kamis 16 April 2015.


Andrinof menuturkan, pada 2011, sektor industri mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 12,37 juta orang. Dua tahun berselang, pada 2013, angka penyerapan tenaga kerja pada sektor industri melesat cukup tinggi, yaitu sekitar 27 persen menjadi 15,73 juta orang.


Sementara itu, industri manufaktur telah menyerap tenaga kerja sebanyak 13,87 persen dari total tenaga kerja yang ada di Indonesia. Hal ini menjadikan penyerapan tenaga kerja di industri manufaktur menduduki posisi keempat setelah pertanian, perdagangan, dan jasa.


Andrinof berharap, penyerapan tenaga kerja akan terus tumbuh seiring dengan program hilirisasi industri yang dicanangkan oleh pemerintah.


"Demi mendukung program hilirisasi industri berbasis agro, migas (minyak dan gas bumi) dan bahan tambang mineral serta pengembangan industri manufaktur perlu didukung tenaga kerja industri yang kompeten," ujarnya. (art)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya