Studi: Bumi Pernah 'Makan' Benda seperti Merkurius

Perbandingan Bumi, Bulan, dan Ceres
Sumber :
  • arcadiastreet.com
VIVA.co.id
Peneliti Ungkap Rahasia Inti Bumi
- Bumi telah dilengkapi dengan berbagai pelindung dari ancaman luar angkasa. Bumi memiliki atmosfer untuk membakar asteroid sebelum sampai ke permukaan.

Tanah Bumi di Masa Lalu Seasam Jus Lemon

Pelindung lain yang sangat penting yaitu medan magnet, yang berfungsi untuk melindungi dari serangan radiasi yang memborbardir Bumi dari luar angkasa.

Dikutip dari Phys.org, Kamis 16 April 2015, peneliti kimia Universitas Oxford, Inggris mengungkap bagaimana asal usul medan magnet Bumi.

Medan magnet Bumi awalnya dipicu oleh tabrakan benda seperti Merkurius yang menghantam Bumi muda. Tabrakan benda ini membuat inti planet Bumi mendapat elemen radioaktif yang diperlukan untuk menghasilkan medan magnet.

"Ini adalah pekerjaan yang susah. Salah satunya adalah sumber energi apa yang mendorong medan magnet Bumi?" ujar Bernard Wood, seorang pakar kimia Universitas Oxford, yang merupakan salah satu penulis studi. Ia dibantu koleganya sesama di universitas, Anke Wohlers.

Disebutkan, untuk mendorong medan magnet Bumi, diperlukan unsur radioaktif sepeti kalium, torium, atau urabium. Elemen tersebut mengeluarkan panas saat membusuk. Elemen ini disebutkan berputar pada inti Bumi.

Wood menambahkan, elemen itu banyak berinteraksi dengan oksigen dan tak mau bercampur dengan logam. Kondisi itu menjadikan elemen tersebut tetap berada di inti Bumi.

Namun, pertanyaannya adalah kenapa uranium bisa bertahan dalam inti Bumi. Kedua peneliti itu menduga pada awal sejarahnya, Bumi melahap tubuh seperti Merkurius. Kondisi itu membuat sulfida mengurung uranium tetap di inti Bumi.

Teori dua peneliti itu diakui oleh peneliti lain dari Carnegie Institution for Science, Washington, AS.

"Sebelum hasil keduanya, bukti masih kontroversial yaitu uranium dan kalium dapat dimasukkan dalam logam besi pada suhu tinggi dan tekanan formasi inti," ujar Richard Carlson, peneliti Carnegie Institution for Science.

Meski mengakui temuan kedua peneliti itu, Carlson meminta pengujian lebih dalam apakah uranium berhasil masuk ke inti Bumi dengan cara tersebut.

Terkait dengan benda yang menabrak Bumi, Carlson meyakini itu berukuran setara dengan massa Mars. Tapi, secara komposisi berbeda dengan Merkurius. (art)

![vivamore="
Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi
Baca Juga :"][/vivamore]
Foto Bumi tahun 2015

Bumi Ternyata Terbentuk 4,1 Miliar Tahun Lalu

300 Juta tahun lebih awal dibanding teori sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015