Sudan Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan DPR

Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Politik dan Keamanan, Fadli Zon
Sumber :

VIVA.co.id - Duta besar Republik Sudan, Abd Alrahim Alsiddiq Mohamed Omer, berharap peningkatan dan perbaruan hubungan dengan GKSP (grup kerjasama parlemen) DPR RI dan Indonesia. Hal tersebut dia sampaikan kepada Wakil Ketua DPR RI bidang Politik dan Keamanan, Fadli Zon, Kamis 16 April 2015.

“Duta besar Sudan berharap ada pembaruan dan peningkatan hubungan kerjasama dengan GKSP DPR RI juga bangsa Indonesia secara keseluruhan. Pembicaraan lebih lanjut akan disampaikan oleh Presiden, Menteri Luar negeri dan Ketua Parlemen Sudan, yang menurut rencana akan hadir dalam acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika pekan mendatang,”ungkap Fadli zon.

Dalam pertemuan dengan Presiden beserta Ketua Parlemen Sudan pekan mendatang, Pimpinan DPR RI juga akan menyertakan pimpinan beberapa Komisi terkait, seperti Komisi I yang membidangi Hubungan luar negeri, Komisi IV bidang pertanian dan peternakan, Komisi VI bidang Industri serta Komisi VII bidang Migas dan Energi.

Ditambahkannya sebagai penghasil minyak terbesar dunia, Sudan yang mampu menghasilkan minyak sekitar 200 ribu barel, bahkan sebelum terjadi disintegrasi dengan Sudan Selatan mampu menghasilkan minyak sekitar 500 ribu barel per hari. Kondisi demikian tentu dapat dimanfaatkan oleh Indonesia untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang migas.

Sementara terkait dengan bidang pertanian, menurut Politisi dari Partai Gerinda Dapil Jawa Barat V ini Indonesia tidak kalah dengan negara yang beribukota Khartoum itu. Menurut Alrahim, Sudan mampu menghasilkan sekitar 60 ton beras untuk satu hektar lahan.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Sementara Indonesia bisa lebih dari jumlah itu, begitu pun halnya dengan bidang peternakan. Meski Sudan mampu mengekspor sapi ke lima negara, termasuk Malaysia, Indonesia tidak kalah dengan Sudan.

“Melihat pentingnya hubungan kerjasama ini, Dubes Sudan juga mengundang kami berkunjung ke Khartoum untuk meningkatkan hubungan people to people,” kata Fadli usai menerima Abd Alrahim. (www.dpr.go.id)

(ren)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016