Menko Sofyan: BBM Baru Pertamina Ron 91

Sofyan Djalil, Menko Perekonomian
Sumber :
VIVA.co.id
Kantongi Izin Kualitas, Dex Lite Siap Diluncurkan Bulan Ini
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan, bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang akan dikeluarkan oleh PT Pertamina (Persero) memiliki kandungan Ron 91. Rencananya BBM jenis baru itu akan diberi merek dagang Pertalite. 

Bulan Depan, Dexlite Sapa Pemilik Kendaraan
Sofyan mengatakan, rencana Pertamina tersebut sudah sejalan dengan upaya pemerintah mendorong modernisasi kilang yang dimiliki Pertamina saat ini.  

Pengusaha Harap Margin Jualan Pertalite Sama dengan Pertamax
"Nanti begitu kilang kami sudah dimodernisasi, yang akan kami berlakukan adalah Ron 92, sekarang orang bahkan cenderung Ron 95 standar Euro," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat 17 April 2015. 

Sofyan mengatakan, pemerintah mendorong Pertamina segera merilis BBM jenis baru tersebut. Sehingga upaya mengurangi dampak negatif penggunaan bahan bakar fosil di Indonesia bisa diminimalisir. 

"Intinya semakin tinggi oktan, semakin bagus bagi mesin, bagus bagi lingkungan. pembakaran ‎lebih banyak," tambahnya. 

Mengenai harga, Sofyan mengatakan, Pertalite akan mengikuti harga keekonomian. Sama dengan Pertamax dan bbm yang dijual perusahaan swasta. 

"Pemerintah menentukan yang Ron 88, Premium itu yang pemerintah wajib menentukan sesuai Mahkamah Konstitusi menentukan harga Premium tidak boleh dilepaskan ke pasar. Pertamax nggak ada urusan pemerintah," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya