Ilmuwan Buat Kamera yang Tak Pernah Mati Daya

Ariel di ruang tunggu PN Bandung
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Berita ini mungkin akan sangat menarik bagi para penggemar foto selfie. Seorang ilmuwan berhasil membuat sebuah kamera yang bisa mengisi daya secara otomatis, bisa menangkap gambar setiap saat tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Produk yang masih dalam bentuk purwa rupa dan harus dikembangkan kemasannya ini dibuat oleh sekelompok ilmuwan dari Columbia Engineering yang dipimpin oleh Prof. Shree Nayar. Dia yakin bahwa kamera ini bisa tetap aktif dengan memanfaatkan cahaya yang dikonversi menjadi tenaga listrik.

"Inspirasi pembuatan teknologi ini didapat dari cara kerja panel surya. Meski kamera digital dan panel surya memiliki tujuan yang berbeda jauh namun sejatinya perangkat tersebut terdiri dari komponen yang sama secara esensi," ujar Nayar, dilansir dari Daily Mail, Jumat, 17 April 2015.

Dalam pusat fungsi kamera digital ada sebuah sensor gambar, yakni sebuah chip yang dilengkapi berjuta-juta piksel. Kunci penting dari piksel adalah photodiode, yang memproduksi listrik ketika terpapar cahaya. Mekanisme ini memungkinkan setiap piksel untuk mengukur intensitas cahaya yang jatuh.

Pola yang sama dengan photodiode ini juga digunakan oeh panel surya untuk mengonversikan diri menjadi tenaga listrik. Photodiode dalam piksel kamera digunakan untuk mode foto konduksi, sama dengan sel surya yang digunakan untuk model photovoltaic.

Dengan menggunakan komponen tersebut, tim ilmuwan berupaya untuk menciptakan sensor gambar dengan ukuran 30x40 piksel. Dalam kamera prototipe itu, yang bodinya dibuat dengan cetakan 3D, menunjukkan jika setiap piksel photodiode selalu berkaitan dengan gaya di photovoltaic. Desain piksel dari perusahaan itu cukup simpel da hanya menggunakan dua transistor.

Dalam proses pengambilan gambar, piksel digunakan pertama kali untuk merekam, lalu membaca gambar, kemudian memanen energi dan mengubahnya sensor menjadi penyuplai daya.

Ketika kamera tidak sedang digunakan untuk mengambil gambar maka bisa berfungsi mengumpulkan tenaga untuk mengisi daya gadget.

Gila, Pria Ini Ganti Bola Matanya dengan Kamera

Selamat Tinggal pada Kamera GoPro Ini

Perusahaan akan menghentikan penjualan kamera GoPro-nya.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2016