Gemar Memakai Sepatu Hak Tinggi? Ini Risikonya

Ilustrasi sepatu hak tinggi merah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Hati-hati, Sepatu-sepatu Ini Bisa Bahayakan Kaki Anda
Bagi wanita yang memiliki tubuh pendek, sepatu hak tinggi menjadi andalan. Terutama ketika menghadiri acara formal, seperti pesta pernikahan. Namun, sebaiknya kurangi intensitasi penggunaan sepatu ini, karena bisa menimbulkan beberapa risiko kesehatan.

Dokter: Sepatu Hak Tinggi Risiko Hambat Kesuburan

Dilansir dari
Pakai 'High Heels', Pria Ini jadi Sorotan
Times of India , studi di Stanford University menunjukkan bahwa memakai sepatu hak tinggi dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan masalah serius. Seperti
arthritis
, bahkan terparah bisa membuat lutut cedera.


Sepatu hak tinggi cukup berbahaya karena dapat menempatkan tekanan pada sendi lutut, menipisnya tulang rawan dan meningkatkan risiko
osteoarthritis
.


Fisioterapis dan pakar osteopati Anne Roebuck memperingatkan bahwa selain lutut, punggung, pinggang dan leher bisa mendapat masalah saat Anda terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi.


"Saat berdiri dan berjalan, kaki memiliki beban yang lebih dari biasanya. Ini berarti otot-otot dan sendi di seluruh tubuh memiliki tekanan lebih besar untuk menjaga tubuh tetap tegak, " katanya.


Selain itu, bagi Anda yang memakai hak tinggi lebih dari tujuh sentimeter, bisa menderita cedera tendon yang disebut tendonitis.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya