Dikembangkan, 'Password' Masa Depan yang Bisa Dimakan

Ilustrasi password
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Teknologi kata sandi (password) masa depan tengah dikembangkan PayPal. Perusahaan pembayaran online itu mengembangkan generasi kata sandi yang bisa dimakan dan bisa terintegrasi dengan tubuh pengguna.

Dengan memakai password, maka pengguna nantinya tak perlu repot lagi memasukkan kata sandi konvensional maupun mengotentifikasi dengan kata sandi biometrik seperti pemindai sidik jari.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa, 21 April 2015, teknologi kode akses yang dapat dimakan adalah berupa kapsul.

Tips Password yang Aman dari Edward Snowden

Layaknya kapsul obat, maka kapsul kata sandi ini ditelan oleh pengguna. Kunci teknologi pada kapsul kata sandi ini yaitu asam yang berhubungan dengan perut dan komputer mini.

Jonathan Leblanc, Kepala Pengembang di PayPal mengatakan kapsul tersebut akan membuat pengguna memiliki keamanan yang khas.

Uniknya kapsul tersebut juga menjalankan fungsi kesehatan. Kapsul dapat digunakan untuk mengecek tingkat glukosa atau tekanan darah pengguna sebelum memancarkan data yang terenkripsi.

Generasi kata sandi masa depan juga bisa dilakukan dengan skema penanamkan chip silikon di bawah kulit pengguna. Cara ini layaknya membuat tato, dan memungkinkan pengguna perangkat bisa mengirim informasi koneksi nirkabel.

Dalam presentasinya, Leblanc mengatakan chip silikon tersebut memiliki sensor, transmiter nirkabel, detektor foto, gulungan daya dan sensor suhu.

Leblanc mengatakan PayPal saat ini mengundang para pengembang untuk mengembangkan teknologi pengenalan pembuluh darah dan detak jantung yang untuk dipakai sebagai salah satu otentifikasi. Tapi Leblanc menolak merinci seperti apa yang nantinya bentuk kata sandi masa depan yang dipakai PayPal.

"Saya tidak bisa berspekulasi seperti apa yang akan dilakukan PayPal di masa depan. Tapi kami mencari teknik baru, sehingga pastinya kami mencari pada bidang identitas," ujar Leblanc.

Kata sandi yang dapat dimakan memungkinkan pengguna dengan mudah mendapatkan akses. Cukup dengan menggunakan wajah pengguna untuk mengakses situs dibanding memasukkan kode akses.

Password paling rumit di dunia.

Inikah Password Smartphone Paling Rumit di Dunia?

Ia menekan sekitar 59 karakter.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2015