Menikmati Sisi Curam Jalan Baldwin, Selandia Baru

Jalan Baldwin, Dunedin, Selandia Baru.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
- Umumnya, jalan dibangun untuk mempermudah penggunanya agar nyaman saat melakukan perjalanan. Akan tetapi, percaya atau tidak, ternyata ada beberapa tempat di berbagai penjuru dunia yang memiliki jalan unik tidak seperti jalan pada umumnya. 

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
Salah satunya adalah Baldwin Street yang berada di kota Dunedin, Selandia Baru. Tempat ini terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan ini terletak di suburb North East Valley, yaitu 350 meter timur laut dari pusat kota Dunedin. 

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik
Jalan ini diawali dengan tanjakan biasa, lalu naik semakin curam sampai kemiringan 19 derajat. Tak salah jika jalan ini dinobatkan sebagai jalan paling curam di dunia. 

Jalan curam Baldwin, Dunedin, Selandia Baru.
Jalan curam Baldwin, kota Dunedin, Selandia Baru. Foto: iStock

Kemiringan panjang jalan mencapai 1:2.86 atau 35 persen. Artinya setiap 2,86 meter horizontal perjalanan, naik satu meter. Bagian bawah jalan tidak terlalu curam dan permukaannya diaspal. Sementara itu, bagian atas jalan merupakan jalan buntu yang sangat curam serta terbuat dari beton.

Dilansir Amusing Planet, kecuraman yang tidak biasa ini adalah hasil dari perencanaan yang buruk. Perencana di London, yang tidak tahu topografi kota, telah menata jalan-jalan pada pola grid dengan tidak menggunakan pertimbangan untuk medannya.

Hal ini mengakibatkan sejumlah jalan-jalan yang mendarat tepat di bukit-bukit yang sangat curam. Jalan ini terbentang dari lembah Creek Lindsay ke sisi Signal Hill menuju Opoho.

Jalan ini memiliki tinggi terendah pada 30 meter atau 98 kaki di atas permukaan laut di persimpangan Road North hingga mencapai ketinggian 100 meter atau 330 kaki di atas permukaan laut, menciptakan sebuah kemiringan rata-rata sedikit lebih dari 1:5.

Namun sekarang, warga Dunedin bangga pada reputasi Baldwin. Setiap musim panas sejumlah acara amal diselenggarakan di jalan ini. Termasuk berjalan dari dasar jalan ke atas dan kembali turun lagi, melepaskan ribuan bola confectioneries berlapis cokelat dari atas atau mengirim ribuan bola tenis ke bawah jalan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya