Menelusuri Hulu Empat Sungai Besar di Dunia

Sungai Nil, Mesir
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sungai merupakan habitat penting bagi satwa liar. Mereka memainkan peran penting dalam ekologi hutan hujan dan lahan basah.

Dirugikan Wasit, Ini 5 Fakta Timnas Indonesia Usai Ditekuk Qatar di Piala Asia U-23

Di dunia ini, juga begitu banyak sungai yang berpengaruh bagi kehidupan manusia. Namun dalam beberapa kasus, sulit untuk menentukan lokasi yang tepat dari mana sungai mulai mengalir.

Seperti halnya sungai-sungai besar berikut ini. Beberapa ada yang sudah diketahui hulunya, namun lainnya masih menjadi perdebatan.

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Berikut daftarnya seperti dilansir laman Amusing Planet.

Mississippi

Taeyong Resmi Wajib Militer, Dapat Dukungan Hangat dari Anggota NCT
Sungai Mississippi merupakan sungai utama dari sistem perairan terbesar di Amerika Utara. Sungai ini mengalir hingga 31 negara bagian di Amerika Serikat serta dua provinsi di Kanada.

Tak heran bila Sungai Mississippi dinobatkan sebagai sungai terpanjang keempat di dunia dan sungai terbesar ke sepuluh di bumi.


Hulu utama dari Sungai Mississippi adalah Danau Itasca. Letaknya sekitar 450 meter di atas permukaan laut di Itasca State Park, Clearwater County, Minnesota.


Nil


Dengan panjang 6.853 kilometer, Sungai Nil ditasbihkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Berlokasi di timur laut Afrika, Sungai Nil mengalir hingga delapan negara.


Hulu dari Sungai Nil sendiri masih menjadi perdebatan. Beberapa menyebut, sumber air Sungai Nil berasal dari Danau Victoria. Namun hal ini dibantah oleh sejumlah pihak.


Ada pula yang menyebut sumber Sungai Nil adalah Sunga Kagera, Ruvyironza, dan Nyabarongo yang mengalir dari Hutan Nyungwe di Rwanda. Kandidat lainnya adalah Sungai Rukarara yang merupakan sumber dari Mwogo River.


Gangga

Sungai Gangga dikenal sebagai sungai paling suci bagi umat Hindu. Sungai Gangga tak hanya mengalir di India saja, melainkan sampai Bangladesh.


Hulu Sungai Gangga dimulai dari Pegunungan Himalaya di mana Sungai Bhagirathi mengalir dari Gangotri di bagian Uttarakhand, India.


Amazon

Sungai yang terletak di Amerika Serikat ini merupakan sungai dengan total aliran terbesar di dunia. Ia juga tercatat sebagai sungai terpanjang kedua, setelah sungai Nil.


Hulu paling jauh Sungai Amazon adalah Nevado Mismi yang berada di ketinggian 5.596 meter pegunungan Andes.  Air dair Nevado Mismi mengalir ke Quebradas Carhuasanta dan Apacheta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya