Presiden Jokowi: Hentikan Ekspor Bahan Mentah

Presiden Joko Widodo di Tiongkok
Sumber :
  • REUTERS/Feng Li/Pool

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Namun, katanya, Indonesia tidak dapat hanya mengandalkan ekspor bahan mentah sebagai tulang punggung perekonomian. 

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

"Sudah saatnya Indonesia melakukan hilirisasi," ujar mantan gubernur DKI Jakarta, itu dalam keterangannya yang dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa 21 April 2015.

Menurut Jokowi, pengalaman pada masa lalu menunjukkan bahwa booming SDA tidak mampu membuat pondasi pembangunan ekonomi yang baik. Alasannya, karena Indonesia hanya mengekspor bahan mentah dan melupakan hilirisasi.

Jokowi mencontohkan, pada saat terjadi booming minyak bumi pada era 1970-an dan kayu pada era 1980-an, Indonesia memang sempat menikmati pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Akan tetapi, tidak berkesinambungan dan hal yang sama kembali terulang saat terjadi booming mineral mentah dan batubara (minerba).

“Itu sebuah kesalahan, kenapa tidak kita kunci, kita miliki. Kalau kamu mau buat industri, buat di Indonesia. Batubara banyak di sini, sehingga akan ada keuntungan pajak, tenaga kerja, nilai tambah yang lain-lain, akan banyak sekali. Inilah yang akan kita lakukan," jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah akan mulai menghentikan ekspor bahan mentah, termasuk mineral secara bertahap. Jokowi kembali mengungkapkan, sudah saatnya Indonesia melakukan hilirisasi.

"Ini harus kita olah, hilirisasinya ada di Indonesia. Kita sudah tidak mau lagi kirim mentahan. Diolah di sana, kembali ke sini, kita beli," tuturnya.

Selain memberikan nilai tambah pada produk ekspor, hilirisasi juga diyakini akan menciptakan lapangan kera yang cukup besar. “Itulah yang kita inginkan," tambah Jokowi.

Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri

(ren)


Hukuman Khusus Bagi Pembocor Data Peserta Tax Amnesty
World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016