Jokowi: Indonesia Punya Kebijakan Kondusif bagi Pengusaha

Presiden Joko Widodo di Asia Africa Business Summit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kalau pemerintahannya telah menyederhanakan kebijakan dan proses investasi serta perizinan usaha, dan menyempurnakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di hadapan para pemimpin bisnis dan delegasi di acara Asian African Business Forum (AABS) di Jakarta Convention Center, Selasa 21 April 2015.
Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran


Oleh karena itu, Jokowi mengajak negara-negara di Asia dan Afrika menciptakan peraturan dan regulasi yang ramah dan kondusif bagi dunia usaha.


Hal tersebut, ujar Jokowi, agar peningkatan kerja sama di Asia dan Afrika bisa berjalan dengan maksimal. Peluang investasi di kedua kawasan masih sangat besar, khususnya di sektor manufaktur, pertanian, infrastruktur, dan energi.


"Saya mengajak negara-negara sahabat Asia dan Afrika untuk mengembangkan sistem peraturan dan regulasi yang ramah kepada dunia usaha. Misalnya, mempermudah lisensi dunia usaha, melindungi investasi, dan mendorong sektor swasta untuk menanamkan investasi, termasuk melalui kemitraan pemerintah dan swasta," kata Jokowi.


Jokowi mengungkapkan, Indonesia saat ini telah melaksanakan berbagai kebijakan yang kondusif bagi para pelaku usaha. Antara lain, menyederhanakan kebijakan dan proses investasi dan perizinan usaha serta menyempurnakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.


Selain itu, mendorong realokasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor yang lebih produktif dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


"Kini saatnya kita meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang perdagangan dan investasi. Ini saatnya dunia usaha mengambil peran dan mewujudkan semangat Bandung yang kita perkuat melalui peringatan Konferensi Asia Afrika," jelasnya.


Jokowi berharap, forum AABS akan memunculkan inisiatif dan terobosan untuk menyusun rencana dan langkah ke depan, guna memperkuat dukungan kerja sama ekonomi di kedua kawasan.


Seperti diketahui, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyelenggarakan AABS 2015 di JCC  dengan mengambil tema
Revitalization of Asia Africa Partnership for Progress and Prosperity
.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya