VIDEO: Robot Cantik Mirip Manusia Ini Jadi Karyawan Toko

Robot bernama Aiko Chihira
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato
VIVA.co.id
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
- Penjaga toko di Jepang ini menjadi perhatian pengunjung. Dengan menggunakan kimono dan terus tersenyum, Aiko Chihiran menyapa pengunjung toko. Yang menarik, Chihira adalah sebuah robot.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Chihira baru beberapa hari ini dipekerjakan sebagai karyawan di departemen store Mitsukoshi di Tokyo. Robot manusia ini diciptakan oleh Toshiba tahun lalu untuk berinteraksi dengan konsumen dan menarik para pengunjung.
Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure


Robot mirip dengan manusia ini bisa bergerak dan mengedip. Ia juga bisa tersenyum dan berbicara beberapa bahasa. Selain Jepang, dia juga diprogram untuk bisa berbicara bahasa lain, salah satunya bahasa China.


"Akan sangat luar biasa jika dia juga bisa memandu para pengunjung, merekomendasikan dan mempromosikan banyak hal di toko ini dalam bahasa China," ujar Manajer Bisnis Pengembangan Toshiba, Hitoshi Tokuda, seperti dikutip melalui
Reuters
, Selasa 21 April 2015.


Dikatakan Tokuda, Aiko Chihira memiliki 43 motor penggerak yang memungkinkannya bergerak ke segala penjuru. Bahkan, humanoid itu juga telah diprogram untuk bisa membaca tanda dan petunjuk dalam bahasa Jepang.


Sayangnya, Chihira tidak diprogram untuk merespons keluhan pengunjung atau menjawab pertanyaan. Dia juga tidak diciptakan untuk melakukan pekerjaan lainnya.


Ini bukan robot asisten pertama yang pernah digelontorkan perusahaan. Tahun lalu, Nestle juga tertarik untuk mendapatkan robot buatan SoftBank Corp, Pepper, untuk membantu perusahaan menjual alat pembuat kopi di Jepang.


Lihat video lengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya