Miss Indonesia 2015: Koperasi Wanita Wujud Kartini Modern

Malam Puncak Miss Indonesia 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti, kagum dengan wanita di Malang yang bergaung dengan koperasi. Menurutnya, semangat kekeluargaan sekaligus mandiri mencerminkan karakter seorang Kartini, pahlawan bangsa yang jadi salah satu tokoh wanita yang menginspirasinya.

“Ibu Kartini adalah sosok luar biasa, tanpa perjuangan beliau, wanita Indonesia tak akan dipandang sama derajatnya dengan pria seperti saat ini,” kata Maria Harfanti saat di Malang, Selasa, 21 April 2015.

Wanita pemilik tinggi badan 173 cm itu mengagumi Kartini sebagai sosok wanita yang komplit dan jadi teladan di banyak hal, mulai dari kemandiriannya, kepeduliannya pada pendidikan, serta kepatuhannya pada orangtua yang membesarkannya.

Dia pun menyebut semangat yang diteladani Kartini masih bisa ditemukan pada wanita saat ini, mulai dengan peduli sesama, peduli lingkungan hingga semangat pantang menyerah memperjuangkan cita-cita. Di Malang, Miss Indonesia asal DI Yogyakarta itu, mengaku kagum dengan wanita di Kota Malang yang sukses mempertahankan koperasi.

34 Finalis Miss Indonesia Akan Bersaing Pekan Depan

“Saya kagum dengan pendiri Koperasi Setia Budi Wanita ini, mereka tetap berjuang mempertahankan koperasi ketika nyaris mati di tahun 1980an. Sekarang anggotanya hampir 10 ribu, dan semuanya wanita,” katanya.

Wanita yang berhimpun dalam koperasi tersebut disebutnya mampu meningkatkan kesejahteraan puluhan ribu masyarakat lain yang tidak tercatat dalam koperasi. Lewat berbagai program dan asas kekeluargaan dan keterbukaan yang diterapkan dalam mengelola koperasi dirasakan dampaknya oleh keluarga anggota koperasi.

Selain itu, pembekalan berbagai keterampilan rumah tangga juga meningkatkan kemampuan wanita untuk mandiri. “Ini menunjukkan wanita punya kemauan dan kemampuan yang keras, ada semangat untuk terus berkembang, dan jika ditularkan pasti bisa meningkatkan kesejahteraan,” katanya. (ren)

Mengenal Sosok Maria Harfanti, Juara Ketiga Miss World 2015
Miss Indonesia 2016

Ini Dia Miss Indonesia 2016

Jawabannya berhasil memukau juri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016