Menakar Kekuatan Dewan Bisnis Asia-Afrika

Presiden Joko Widodo usai KTT Bisnis Asia Afrika di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto
- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, mengatakan pembentukan Dewan Bisnis Asia-Afrika didedikasikan untuk menjembatani dan memfasilitasi kerja sama antar dunia usaha di kawasan Asia Afrika.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja

"Pembentukan AABC (Dewan Bisnis Asia-Afrika) menjadi isu penting, sebagai wadah untuk meningkatkan informasi bagi pengembangan kerja sama bisnis di Asia-Afrika," kata Suryo, Rabu 23 April 2015.
Kadin Sambut Positif Kabinet Ekonomi


Sebagai informasi, pertemuan para pelaku bisnis, Asian African Business Summit (AABS) 2015, sebagai
side event
peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika yang dilakukan kemarin, Selasa 21 April 2015, sepakat membentuk Asian Africa Business Council (AABC) atau Dewan Bisnis Asia Afrika.


Suryo menuturkan, pembentukan dewan bisnis Asia-Afrika bertujuan untuk dapat mengidentifikasi berbagai potensi ekonomi dan bisnis, terutama di negara-negara Afrika.


"Kami pada posisi mendorong agar arus investasi dan perdagangan antara kedua kawasan bisa meningkat. Untuk itu perlu semacam peningkatan intensitas komunikasi dan pertemuan antarpengusaha di kedua benua tersebut," katanya.


Dia menjelaskan, tindak lanjut dari pembentukan Dewan Bisnis Asia-Afrika ini akan dibicarakan kembali enam bulan mendatang.


Menurutnya, akan ada pertemuan lagi mengenai struktur Dewan Bisnis Asia-Afrika. Nantinya, dalam Dewan Bisnis Asia-Afrika dibentuk komite dan sektor-sektor yang dianggap prioritas yang bisa berubah tiap tahun.


"Dewan Bisnis Asia-Afrika ini hal yang lazim dibangun oleh kelompok ekonomi. Perlu kelembagaan yang mengumpulkan para wakil di lembaga dunia ini untuk bahas kelancaran di segala bisnis. Jadi, kalau ada hambatan, kami bisa minta ke pemerintah untuk memudahkan dan menggalang kerja sama pengusaha," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya