Pertamina Tegaskan Segera Bubarkan Petral

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pertamina akan membubarkan anak usahanya, PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Perusahaan pelat merah itu akan menyampaikannya kepada pemegang saham, dalam hal ini Kementerian BUMN.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan akan membubarkan setelah rampung mengevaluasi keberadaannya. Saat ini, Petral tak lagi memasok BBM bagi perusahaan pelat merah itu.

"Setelah kami mengubah penangan impor crude (minyak mentah) dan BBM langsung oleh Pertamina, tentu posisi Petral sudah tidak seperti direncanakan semula," kata Dwi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII di DPR, Jakarta, Rabu 22 April 2015.

Mantan Dirut PT Semen Indonesia Tbk itu, mengatakan bahwa peran anak usaha sebagai perusahaan trading akan digantikan oleh Pertamina Energy Service (PES) yang berkantor di Singapura. Saat ini, aset milik Petral akan diambil alih Pertamina.

"Kami mengharapkan PES bisa dikembangkan menjadi anak usaha Pertamina secara internasional," kata dia.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan bahwa rencana pembubaran Petral akan disampaikan kepada Kementerian BUMN.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Tentunya rencana tersebut harus disampaikan kepada pemegang saham dan bisa diagendakan ke dalam RUPS," kata Wianda. (ase)

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016