Mendag: Pengusaha Asia Afrika Kurang Berani Ambil Risiko

Jokowi Buka Forum Bisnis Asia Afrika
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, tantangan kerja sama Asia-Afrika bukan pada jarak, tetapi mental para pengusaha yang kurang berani untuk mengambil risiko investasi di benua Afrika.

KAA Usai, Bandung Masih Euforia

Untuk itu, ia menyarankan, negara-negara Asia-Afrika perlu duduk bersama guna menyusun pembukaan jalur-jalur baru perdagangan yang jelas dan mapan sebagai pendukung terjadinya perdagangan.

“Kerja sama antara negara Asia-Afrika pada tahun ini berpotensi besar untuk ditingkatkan. Potensi ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi kedua benua. Asia merupakan rumah ekonomi terbesar di dunia dan Afrika adalah rumah bagi banyak pertumbuhan ekonomi tercepat dunia," ujarnya di Jakarta, Rabu, 22 April 2015.

VIDEO: Megawati di Barisan Depan Saat Napak Tilas KAA

Mendag mengungkapkan, saat ini nilai perdagangan Asia-Afrika mencapai US$13,3 triliun untuk pasar sebanyak 5,59 miliar jiwa.

Menuru dia, angka itu masih terbilang relatif kecil jika dibandingkan perdagangan antarnegara Asia yang mencapai US$8 triliun.

Ini Jalur yang Akan Ditutup Besok

“Saya mendukung terbentuknya forum bisnis Asia Afrika untuk meningkatkan hubungan antarsektor swasta dan forum bisnis. Forum bisnis ini juga dapat diselenggarakan kapanpun dan di manapun."

Ia yakin, Asia-Afrika akan mendapatkan banyak manfaat dari peningkatan kerja sama di empat pilar kerja sama perdagangan. Antara lain, fasilitasi perdagangan, promosi perdagangan, pembiayaan perdagangan dan keterbukaan perdagangan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya