XL: Hanya 30 Persen Wanita yang Manfaatkan Internet

Peluncuran Sisternet XL Axiata
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus
VIVA.co.id
XL Luncurkan Layanan Khusus Perempuan “SISTERNET”
- PT XL Axiata Tbk (XL) resmi meluncurkan layanan khusus untuk perempuan, Sisternet. Layanan tersebut, dihadirkan untuk memangkas kesenjangan penggunaan internet antara laki-laki dan perempuan.

TKN Minta Kubu Anies dan Ganjar Hormati Putusan MK terkait Sengketa Pilpres 2024

Presiden Direktur dan
Gagal Cegah Serangan Hamas, Bos Intelijen Israel Mundur
Chief Executive Officer (CEO) XL, Dian Siswarini, Kamis 23 April 2015, mengungkapkan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, tingkat penggunaan internet di kalangan perempuan di Indonesia masih rendah, sekitar 30 sampai 40 persen saja.


Padahal, berdasarkan data yang dilaporkan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), dibantu oleh Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (Puskakom UI), dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia, sebanyak 51 persen pengguna adalah wanita. Hanya saja, yang disoroti oleh XL adalah kemajuan dari pemanfaatan internet itu sendiri oleh para wanita di Indonesia.


"Dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura, penggunaan internet di kalangan perempuan di Indonesia, kurang dari 30 persen. Sisternet merupakan wujud komitmen dan kepedulian XL untuk mengajak para Indonesia, untuk lebih maju lagi dalam pemanfaatan internet," ujar Dian di Hotel Manhattan, Jakarta.


Dian menjelaskan, layanan Sisternet ini bentuk gerakan sosial, guna membantu dan memberikan inspirasi perempuan Indonesia, untuk meraih manfaat dari keberadaan internet. Hal ini, agar dapat meningkatkan kualitas hidup secara individu maupun keluarga.


"Peluncuran Sisternet ini tidak semata atas pertimbangan bisnis. Program ini berlatar belakang keinginan XL untuk mendorong masyarakat ke era digital, sekaligus pemerataan manfaat internet," tutur Dian yang baru menjabat sebagai Bos XL ini.


Untuk menyebarkan layanan Sisternet di seluruh Indonesia, XL akan menyelenggarakan edukasi tentang internet dan penggunaan aplikasi internet di berbagai kota Indonesia.


"Perempuan itu merupakan penentu masa depan bangsa, maka dari itu mereka harus lebih melek mengenai internet. Layanan ini tidak ada batas, melainkan untuk semua kalangan dan komunitas. Mungkin awalnya akan dari kota besar, baru sudah itu ke seluruh wilayah," tutur Dian.


Dijelaskan, layanan Sisternet ini tidak hanya dapat digunakan pada perangkat mobile. XL juga menyiapkan layanan website dan aplikasi Sisternet yang dapat diakses melalui komputer. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya