Nokia Siap Bikin Ponsel Pintar Android pada 2016

Kantor pusat Nokia
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id - Nokia akan kembali membuat produk ponsel pintar pada tahun depan.

iPhone Belum Selaris Ponsel Ini

Pernyataan itu menjawab beberapa rumor belakangan yang mengatakan, perusahaan ponsel asal Finlandia itu tengah mempersiapkan kebangkitan kembali ke pasar ponsel dunia.

Laman G For Game, Jumat, 24 April 2015, yang mengutip situs lokal Tiongkok, Scdaily melaporkan konfirmasi itu disampaikan salah satu eksekutif Nokia Tiongkok, Mike Wang. Dia mengatakan, pada tahun depan perusahaan akan memproduksi ponsel berbasis Android, sistem operasi pesaing Windows yang sebelumnya jadi pilihan Nokia. Ia juga mengonfirmasi, perusahaan akan menmindahkan pusat penelitian dan pengembangan ke Sichuan, Tiongkok.

Bikin 'Smartphone' Lagi, Nokia Cari Kawan Kelas Dunia

Dengan memindahkan fokus riset perusahaan ke Tiongkok, Nokia dianggap bakal menantang Xiaomi, Lenovo, Oppo dan ZTE. Terlebih, kemungkinan Nokia akan menggebrak pasar negeri Tirai Bambu itu dengan serangkaian ponsel murah dan terjangkau.

Sebelumnya dikabarkan, Sumber dekat Nokia menyebutkan, perusahaan tengah menyiapkan langkah kebangkitan sambil menghormati kontrak dengan Microsoft hingga kuartal ketiga 2016.

Nokia 105, Ponsel Murah dengan Daya Tahan Baterai 30 Hari

Pada akhir April tahun lalu, divisi mobile Nokia telah resmi diakuisisi oleh Microsoft. Salah satu perjanjian dalam akuisisi itu, sampai pertengahan 2016, produk yang dikeluarkan tidak akan membawa nama Nokia melainkan membawa nama Microsoft.

"Mereka (Nokia) memiliki banyak hal-hal besar dalam pengembangan. Itu meyakinkan saya bahwa Nokia adalah sebuah perusahaan yang tak akan menghilang," kata Richard Kerris, mantan eksekutif Nokia kepada Re/Code awal pekan ini.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya