Cara Astronot Sampaikan Duka Gempa Nepal

Stasiun luar angkasa internasional (ISS).
Sumber :
  • Nasa.gov
VIVA.co.id
Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa
- Duka akibat gempa dahsyat di Nepal akhir pekan lalu juga disampaikan para penjelajah antariksa yang tengah bertugas di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan

Para astronot mengampaikan duka mendalam dengan mengunggah foto satelit di atas wilayah Kathmandu, lokasi gempa berkekuatan 7,8 Skala Ritcher tersebut.
NASA Kirim Kakek ke Luar Angkasa Selama 534 Hari


Dikutip dari
Space.com,
Selasa 28 April 2015, seraya memosting foto tersebut, astronot menyampaikan doa dan dukungan bagi para warga Nepal yang terdampak bencana tersebut.


"Melihat Himalaya, Kathmandi dan Gunung Everest. Berdoa untuk setiap orang yang terkena #NepalQuake,"
tulis astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Terry Virts mengunggah foto situasi Nepal dari antariksa pada akhir pekan lalu melalui Twitter.


Virts yang menjadi komandan kru Expedition 43 ISS juga mengunggah video singkat Vine wilayah Nepal dari ISS.


Sedangkan astronot NASA lainnya, Scott Kelly juga menyampaikan rasa berkabung dengan mengunggah foto wilayah Nepal dari ISS. Kelly menuliskan wilayah indah Nepal tampak dari antariksa, namun foto itu digunakan untuk menyampaikan pesan duka.


"Terlihat tenteram dari @Space-Station, tapi pikiran saya bersama dengan warga yang terkena #NepalEarthquake,"
tulis Kelly pada akun Twitternya.


Sebelumnya diketahui Nepal diguncang gempa dashyat pada akhir pekan lalu. Hingga hari ini tercatat lebih dari 4 ribu warga meninggal akibat gempa yang belokasi sekitar 80 Km barat Kathmandu.


Kedahsyatan gempa juga mengguncang hingga di wilayah puncak Gunung Everest. Belasan pendaki tewas akibat goncangan gempa.


Duka mendalam menyapa dunia. Negara dunia sampai perusahaan teknologi langsung merespons dengan mengirimkan relawan, bantuan maupun donasi untuk pemulihan paska gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya