Kelola Kas Perusahaan, Garuda Indonesia Gandeng Empat Bank

Garuda Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id - (berkode saham GIAA) menggandeng empat bank untuk mengelola kas perseroan. Maskapai pelat merah itu mengklaim, ada keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari kerja sama ini.

"Kerja sama ini mempermudah management cash (pengelolaan kas)," kata Dirut Garuda Indonesia, Arif Wibowo di kantornya, Jakarta, Selasa 28 April 2015.

Sebagai informasi, hari ini, Garuda Indonesia menandatangani kerja sama pengelolaan kas dengan empat bank, yaitu BRI, BII, Standard Chartered, dan Citibank.

Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an

Tujuannya, untuk melakukan pengelolaan kas perseroan secara real time, online, dan terintegrasi yang meliputi penyediaan sistem fasilitas cash management berupa automatic payment and automatic posting, electronic payment tax, dan fasilitas perbankan lainnya.

Kerja sama ini dilakukan hingga waktu tiga tahun, meliputi pengelolaan cash management Garuda Indonesia di kantor pusat, maupun kantor cabang domestik dan internasional.

"Kerja sama ini juga membuat transaksi menjadi secure (aman) dan membuat semua transaksi elektronik menjadi lebih mudah bagi Garuda Indonesia," kata mantan dirut Citilink itu.

Sementara itu, Direktur Keuangan, Risiko, Teknologi Informasi, I G N Askhara Danadiputra, mengatakan bahwa pelaksanaan kerja sama pengelolaan kas ini mendukung perseroan untuk mengelola kas yang lebih terkontrol secara real time, online, dan terintegrasi.

Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai

"Melalui sistem fasilitas cash management yang dimiliki masing-masing institusi perbankan itu, kami mengharapkan mempermudah proses transaksi bisnis secara efektif dan efisien," kata Askhara.

Kemudian, Deputy President Director BRI, Sunarso, mengatakan bahwa kerja sama ini mempermudah perusahaannya dalam memberikan penguatan struktur keuangan kepada maskapai ini dalam pembiayaan, seperti kredit modal dan investasi.

Ada pun President Director BII, Taswin Zakaria, mengatakan bahwa bank ini menyediakan fasilitas BII M2E kepada maskapai tersebut. Fasilitasnya berupa internet banking dengan platform regional untuk bisa melakukan transaksi perbankan. Bank ini juga menyediakan layanan lainnya, seperti pembayaran pajak secara elektronik dan layanan cash pick up.

"Dukungan layanan cash management sebagai solusi finansial Garuda Indonesia untuk mendukung BUMN strategis, khususnya Garuda Indonesia," kata Taswin.

Sedangkan CEO Standard Chartered Bank, Shee Tse koon, mengatakan bahwa kerja sama dengan Garuda Indonesia bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan transparansi dalam melakukan proses transaksi maupun pengelolaan cash management.

Head of Corporate and Investment Banking Citi Indonesia, Gioshia Ralien, pun mengklaim, banknya siap memberikan layanan pengelolaan kas bagi Garuda Indonesia untuk mendukung operasional maskapai itu. "Ini memberikan layanan terbaik untuk mendukung operasi Garuda di dalam dan di luar negeri," kata Gioshia. (asp)

Pesawat Pengangkut Jemaah Calon Haji di Padang Gagal Terbang
Pesawat Garuda Indonesia

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

Garuda Indonesia satu-satunya maskapai dari Indonesia. Selain protokol, Garuda juga baik soal kemanan.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2020