Ketahui Lima Hal Penyebab Eksim

Ilustrasi kulit gatal
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ingin Kulit Tetap Sehat? Lakukan Ini Sebelum ke Pantai
- Eczema atau eksim adalah kelainan kulit kronis yang ditandai dengan rasa gatal. Umumnya, kondisi tersebut ditandai dengan kulit yang kering, inflamasi yang sering kambuh.

Blogger Ini Ungkap Perawatan 'Menjijikan' Kulit Halusnya

Eksim juga sering disebut dermatitis atopik. Biasanya dialami oleh penderita asma atau memiliki keturunan penyakit tersebut.
Ketahui Enam Tanda Kulit Butuh Perawatan


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya eksim. Berikut adalah lima hal penyebab eksim, dilansir dari
Genius Beauty
:


Sabun dan kosmetik


Penyebab umum dari eksim adalah sabun dan detergen yang mengandung bahan kimia berbahaya. Yakni, kandungan minyak, surfaktan atau kristal yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Produk kesehatan yang menjadi penyebab eksim di antaranya, sabun, pelembap, losion wajah dan tubuh serta parfum dan kosmetik.


Perubahan temperatur udara

Kulit gatal sering disebabkan oleh suhu yang tidak teratur. Misalnya, panas yang intens, dingin, lembap atau udara kering yang disebabkan oleh pemanasan. Dalam hal ini, humidifier atau AC bisa membantu.


Kain


Berbagai kain, pakaian atau tempat tidur sering menyebabkan eksim. Dalam hal ini, ada baiknya Anda rutin mengganti seminggu sekali untuk seprai tempat tidur.


Stres


Dalam keadaan stres, tubuh mengalami peradangan yang tercermin pada kulit. Itu sebabnya, orang-orang yang menghadapi guncangan saraf yang cukup parah, sering menderita jumlah berlebihan jerawat atau eksim.


Perhiasan


Mengenakan perhiasan tidak begitu sering menyebabkan eksim, tapi masih menjadi faktornya. Terutama bila Anda memiliki kulit sensitif. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya